Mohon tunggu...
Dwiroso Dwiroso
Dwiroso Dwiroso Mohon Tunggu... Freelancer - Pekerja freelancer

Laki-laki

Selanjutnya

Tutup

Film

Sinopsis Film: "5 Days of War"

26 Januari 2023   12:08 Diperbarui: 26 Januari 2023   12:21 72
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Film. Sumber ilustrasi: PEXELS/Martin Lopez


Sinopsis Film

Judul : 5 Days of War
Pemain : Andi Garcia, Val Kilmer, Richard Coyle, Emmanuelle Chriqui, Rupert Friend dll.
Sutradara : Renny Harlin
Tahun Rilis : 2011

Film ini bercerita tentang perjuangan reporter asal Amerika bernama Thomas Anders (yang diperankan oleh Rupert Friend) yang mencoba mengekspose kekejaman Rusia terhadap negara Georgia (perang Rusia ini dipicu oleh keinginan Georgia untuk melepaskan diri dari hegemoni negara Rusia dan berambisi menjadi bagian dari Uni Eropa dan Nato). Kepergian Anders ke Georgia dilandasi oleh isu yang beredar tentang konflik yang terjadi di negara tersebut.

Sebelumnya, Anders pernah diselamatkan oleh tentara Georgia saat dirinya tengah meliput perang Irak pada 2007. Sayangnya rekan sang jurnalis tidak dapat diselamatkan karena tertembak, setelah itu dia kembali ke Amerika. 

Di sisi lain saat Anders berada di Georgia,  kondisi negara tersebut  sangat mengkhawatirkan, banyaknya warga sipil yang dibunuh karena melawan Rusia, hal ini pertama kali diketahui saat Anders tidak sengaja mendatangi pesta pernikahan warga lokal. Beruntungnya Anders berhasil merekam dan menyembunyikan memori card kamera perekam. 

Namun rupanya aksinya diketahui pemimpin (pemberontak) Georgia, dia berusaha mengejar hingga mengancam akan membunuh Anders jika menyebar luaskan apa yang sebenarnya terjadi. Kemudian Anders meminta bantuan warga lokal bernama Tatia (yang diperankan oleh Emmanuelle Chriqui) untuk bersembunyi dan berusaha keras mencari cara untuk menyiarkan yang terjadi di Georgia. 

Tujuannya agar pemerintah di negara lain mengetahui konflik di negara tersebut, lantaran saat itu negara-negara di Eropa sedang disibukkan dengan penyelenggaraan olimpiade internasional. 

Selanjutnya perjalanan Anders menjadi semakin berliku kala ayah Tatia membocorkan ke musuh keberadaan dan persembunyian Anders, kendati demikian Anders masih memiliki tekad dan kepercayaan bahwa perang  dan ketidakadilan akan bisa diakhiri. Dia masih berusaha keras mencari jaringan agar bisa segera menyiarkan rekaman kekejaman perang Rusia-Georgia yang dimilikinya, meskipun harus menghadapi bombardir dari pesawat Rusia. Bagaimana kisah perjuangan Anders dkk selanjutnya? silahkan tonton filmnya, yang berdurasi 1 jam 53 menit. Selamat menyaksikan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone