Mohon tunggu...
Eiren Wibi Hidayat
Eiren Wibi Hidayat Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

lebih suka dipanggil 'Eiy'

Selanjutnya

Tutup

Seni Pilihan

Sobokartti Semarang Goes To Sriwedari Surakarta

12 Maret 2023   20:55 Diperbarui: 12 Maret 2023   21:47 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : Instagram @wayang_orang_sriwedari

Acara Wayang Orang Sriwedari dengan judul " Sembadra Larung " yang disutradarai oleh Dhestian Wahyu Setiaji, M. Sn dan dilaksanakan di Gedung Wayang Orang Sriwedari Surakarta dengan tarian pembuka dari Sanggar SOBOKARTTI Semarang dilaksanakan pada tanggal 11 Maret 2023.

Kegiatan Kunjungan ke Sriwedari Surakarta ini memiliki tujuan untuk memperkuat tali kekeluargaan serta memiliki pengalaman dalam setiap kegiatannya.

Pada hari Sabtu, 11 Maret 2023 pukul 09.00, para pelatih dan murid SOBOKARTTI dari kelas B, remaja, dan dewasa serta para orang tua berkumpul di Gedung Kesenian SOBOKARTTI untuk pemberian arahan sepanjang kegiatan Kunjungan ke Sriwedari Surakarta. Mulai dari pembacaan Rundown acara, pembagian tempat duduk dalam Bis, serta pembagian kamar dalam Wisma nanti.

Setelah berkumpul untuk briefing, mereka diarahkan untuk mulai memasuki Bis dan memulai perjalanan ke Solo pada pukul 10.00. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Perjalanan ditempuh selama 2 jam 30 menit. Pada pukul 12.30, para pengunjung sampai di Wisma Seni Taman Budaya Jawa Tengah yang berlokasi di Kota Surakarta. Kemudian, para pengunjung diberi arahan oleh Petugas yang menjaga wisma untuk diberitahu lokasi kamar sesuai dengan arahan yang telah dibagikan.

Lokasi : Wisma Seni Taman Budaya Jawa Tengah
Lokasi : Wisma Seni Taman Budaya Jawa Tengah

Pukul 14.00 para murid SOBOKARTTI mulai mempersiapkan diri mereka, dibantu oleh para orang tua beserta pelatih dalam mempersiapkan penampilkan tarian di Sriwedari Surakarta. Mereka memulai dari merias wajah mereka, menggunakan hiasan kepala hingga mengenakan kostum tarian mereka masing - masing.

Persiapan diberi waktu hingga pukul 18.30 kemudian langsung menuju ke bis untuk pergi ke lokasi yaitu Sriwedari Surakarta. Sesampainya di lokasi pada pukul 19.00, para penari langsung melakukan blocking tempat dibalik tirai tertutup di panggung Sriwedari Surakarta.

Para penari menampilkan 3 buah tarian yaitu Tari Warak Dugder oleh murid kelas B, Tari Krenteg Semarang oleh murid kelas Remaja, dan Tari Rancak Dugder oleh murid kelas Dewasa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone