Mohon tunggu...
DukungCalonmu
DukungCalonmu Mohon Tunggu... Politisi - StartUp Digital Politik

DukungCalonmu merupakan StartUp digital politik pertama dan satu - satunya di Indonesia. DukungCalonmu hadir untuk mengatasi masalah yang ada pada kampanye konvensional dan pemilihan konvensial Ketua/Pimpinan Organisasi/Komunitas. DukungCalonmu akan menghadirkan Budaya Politik Baru yaitu meningkatnya partisipasi masyarakat melalui Digitalisasi Politik guna lahirnya pemimpin - pemimpin yang akan membawa Indonesia lebih baik

Selanjutnya

Tutup

Sosok

Makin Ramai! Inilah Empat Partai Politik Baru yang Siap Maju di Pemilu 2024

13 Maret 2022   14:00 Diperbarui: 13 Maret 2022   14:01 226
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosok Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Kurang dari 2 tahun lagi, Indonesia akan mengadakan pesta demokrasi besar-besaran. Pemilihan Umum (Pemilu) akan diadakan kembali pada tahun 2024 untuk memilih anggota DPR, DPRD, DPD. Selain itu, Pemilu kali ini juga akan secara serentak akan memilih pasangan presiden dan wakil presiden. Adapun Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan waktu pelaksanaan Pemilu 2024 di tanggal 14 Februari 2024.

Nah, setelah masa reformasi, banyak sekali partai politik (Parpol) baru yang muncul dan dikenal oleh masyarakat. Di setiap Pemilu, ada saja partai baru yang bertanding dan mencoba peruntungan di bidang politik. Mereka berusaha menggaet simpati rakyat untuk memilih mereka, sehingga dapat berkuasa di pemerintahan. Beberapa ada yang berhasil dikenal masyarakat dan mendapatkan kursi di DPR, namun banyak juga yang akhirnya gagal berkuasa dan menghilang namanya.

Tidak terkecuali di Pemilu 2024 nanti. Sudah ada beberapa partai politik baru yang mendeklarasikan diri untuk maju ke dalam arena Pemilu 2024. Partai-partai baru ini tentunya telah mengantongi Surat Keputusan (SK) Pengesahan Badan Hukum dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). DukungCalonmu telah menyiapkan daftar calon partai politik baru yang siap bertanding di Pemilu 2024. Mau tahu apa saja? Cek di bawah ini!

1.       Partai Ummat

Partai Ummat resmi berdiri pada Agustus 2021 lalu. Partai ini didirikan oleh Amien Rais. Beliau merupakan salah satu politikus senior Indonesia sekaligus mantan Ketua MPR. Hal ini tentunya cukup membuat publik kaget, karena Amien Rais selama ini merupakan salah satu figur utama di dalam partai Partai Amanat Nasional. Partai ini juga menargetkan masyarakat islam, posisi yang juga diambil oleh PAN. Menarik untuk disimak selanjutnya, apakah kehadiran Partai Ummat dapat mengikis suara PAN di tahun 2024 nanti.

2.       Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Partai Gelora)

Partai Gelora merupakan partai baru yang didirikan oleh mantan politikus senior Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Fahri Hamzah dan Anis Matta. Partai Gelora resmi dideklarasikan di tahun 2019. Perbedaan pendapat saat masih menjadi kader PKS membuat keduanya keluar dan bersama mendirikan partai baru. Menurut survei Litbang Kompas di bulan Oktober 2021, Partai Gelora merupakan partai baru yang paling dikenal masyarakat. Kehadiran Partai Gelora tentunya dapat berpeluang besar mengikis suara PKS di tahun 2024 nanti. Hal ini disebabkan karena karakteristik pemilih kedua partai yang hampir sama.

3.       Partai Kebangkitan Nasional (PKN)

Partai Kebangkitan Nasional (PKN) merupakan partai politik yang didirikan oleh para loyalis Anas Urbaningrum. Ia merupakan mantan Ketua Umum Partai Demokrat. Dirinya juga pernah ditangkap KPK karena keterlibatannya dalam kasus korupsi mega proyek Hambalang. Partai ini diketuai oleh Gede Pasek Suardika, mantan Sekretaris Jenderal Partai Hanura. Beberapa figur loyalis Anas Urbaningrum yang masuk ke dalam partai ini antara lain Mirwan Amir, Ian Zulfikar, Bobby Triadi, dan Sri Mulyono. Tentunya akan menjadi PR besar bagi PKN untuk mendongkrak raihan suara di Pemilu 2024, mengingat Anas Urbaningrum pernah menjadi tersangka kasus korupsi mega proyek Hambalang.

4.       Partai Pelita

Partai baru lainnya yang berusaha bertanding di Pemilu 2024 adalah Partai Pelita. Partai ini dibentuk oleh mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah. Saat ini, ia terlibat di Partai Pelita sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Partai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosok Selengkapnya
Lihat Sosok Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone