Mohon tunggu...
Elmi Safridati
Elmi Safridati Mohon Tunggu... Guru - Guru

Menulis adalah hobi yang tak bisa dipungkiri. Semoga apa yang tertulis bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Diary

Menggongseng Bersama Ibu

24 Januari 2023   11:44 Diperbarui: 24 Januari 2023   11:57 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saat musim hujan begini tak jarang aku selalu terbayang dengan ibuku. Aku teringat saat dia masih ada, kami selalu duduk berdua di depan tungku. Biasanya kami akan melakukan pekerjaan menyangrai buah kopi.

Dahulu ibu dan ayahku suka sekali minum kopi. Ibuku sukanya kopi pahit. Sedangkan ayahku sukanya kopi manis. Maklum di desa udaranya sangat dingin. Jadi minum kopi di pagi hari adalah salah satu cara untuk menghangatkan badan.

Namun kami jarang sekali membeli serbuk kopi. Karena kami punya pohonnya sendiri walau hanya tak seberapa. Makanya kami membuatnya sendiri, dengan cara menyangrai buah kopi yang sudah kering. Lalu ditambahkan beberapa biji cengkeh kering, sedikit pala dan sedikit kayu manis. 

Setelah dirasa matang, dengan warna kopi berubah hitam, maka biji kopi yang sudah disangrai itu kemudian diangkat. Lalu ditumbuk halus kemudian diayak. Agar serbuk kopi yang sudah halus berpisah dengan yang masih kasar. 

Dengan begini maka jadilah dia serbuk kopi yang punya aroma khas buatan sendiri. Kalau sekarang boleh juga di blender ya sahabatku. Kalau dahulu sih kami tak punya blender. Maklum waktu itu listrik aja belum ada. Hehe. Masih jadul. 

Nah, gampang sekali kan sahabatku. Jika ingin bikin serbuk kopi sendiri. Kalau ada pohonnya silahkan dicoba ya. Kalau resepnya mau ditambah lagi silahkan saja sesuai selera kita. Kalau resep ibuku dahulu, seingat aku ya cuma ini aja.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone