Mohon tunggu...
Elmi Safridati
Elmi Safridati Mohon Tunggu... Guru - Guru

Menulis adalah hobi yang tak bisa dipungkiri. Semoga apa yang tertulis bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Puisi

Hatimu Bagai Mentari

26 Januari 2023   07:23 Diperbarui: 26 Januari 2023   07:32 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Puisi. Sumber ilustrasi: PEXELS/icon0.com

Banyak manusia menilai. Orang baik itu karena banyak hartanya. Orang baik itu karena dilihat dari pakaiannya. Orang baik itu karena bagus rumahnya

Sebenarnya jika mau merenungi. Orang baik itu ialah orang yang murah hati. Menyenangkan orang lain. Tanpa memandang apapun. Tidak memilah dan memilih dengan siapa dia berhadapan. Walaupun dia miskin tapi dia bisa membuat orang lain bahagia. Hatinya bagai mentari. Menyinari siapa saja.

Mungkin dengan kata-katanya, dengan senyumnya, dengan keramahannya. Dengan perbuatannya. Dengan pandangan baiknya. Ya, yang penting dia tidak membuat orang lain sakit dengan kedatangannya. Itulah orang yang murah hati.

Walau dia cuma kenal atau jumpa sekali saja bahkan tidak pernah berjumpa namun dia bisa membuat orang lain merasa bahagia. Inilah orang yang baik. Jadi janganlah menilai seseorang itu dari pakaiannya dari kekayaannya atau kepintarannya. 

Walaupun pakaiannya compang camping dan sederhana saja. Terkadang malah orang ini lebih baik dari pada manusia yang pakaiannya bak raja. Seringkali manusia kadang salah menilai. Terhadap sesamanya apalagi yang belum dikenal. Mari selami setiap insan seperti apapun penampilannya. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone