Mohon tunggu...
Momely Matsanaba
Momely Matsanaba Mohon Tunggu... Guru - Pemerhati sosial pendidikan

Seorang guru dan mengurus rumah tangga. Telah menjadi guru selama kurang lebih 17 tahun di sebuah madrasah sampai sekarang. Tidak lepas dari kegiatan membaca dan menulis dan membuat karya tulisan maupun rekaman video. Pernah menjadi Runner up guru berprestasi tingkat nasional untuk kategori guru MTs.

Selanjutnya

Tutup

Joglosemar

Perpustakaan de'Talenta Lib Matsanaba Fasilitasi Pembelajaran

21 Januari 2023   08:05 Diperbarui: 21 Januari 2023   08:07 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Siswa menyimak sebuah tayangan pada kegiatan pembelajaran di perpustakaan (doc.pri)

Bantul (MTsN 6 Bantul) - perpustakaan sebagai jantung pendidikan dalam sebuah sekolah atau madrasah sekaligus sebagai pusat sumber belajar pada madrasah berperan penting dalam mendukung pendidikan. Sebagai sebuah lembaga yang telah dibentuk dalam penyelenggaraannya perpustakaan seyogyanya memiliki tujuan agar setiap proses kegiatan yang dilaksanakan dapat berhasil sesuai dengan tujuannya sehingga dalam perpustakaan madrasah semestinya mempunyai tujuan yang sesuai dengan tujuan pendidikan madrasah.

Dalam rangka meningkatkan layanan, perpustakaan de'Talenta Lib MTsN 6 Bantul memberikan fasilitas berupa ruang pembelajaran yang didukung oleh perangkat audio visual. Dengan memanfaatkan ruang baca yang disetting sedemikian rupa menjadi sebuah kelas. Fasilitas yang dapat dinikmati di ruang kelas perpustakaan antara lain layar proyektor LCD, speaker aktif,  meja dan kursi yang nyaman, ruangan ber-AC serta ketersediaan sumber bahan pustaka yang sangat dekat dengan siswa. (19/01/23)

Kepala madrasah Mafrudah mengelaborasi perpustakaan seyogyanya digunakan dan dimanfaatkan untuk pembelajaran dengan menyesuaikan materi pelajaran. Ketika mereka masuk ke perpustakaan, mereka harus mengisi daftar hadir dengan melakukan barkod yang terdapat di kartu perpustakaan. 

"Dengan meningkatkan jumlah kunjungan, maka akan semakin banyak siswa atau pemustaka yang bisa menikmati layanan. Kita akan terus lakukan berbagai upaya agar siswa gemar membaca melalui kegiatan perpustakaan", tutur Mafrudah. Ia berharap awal tahun ini jumlah pengunjung yang menikmati fasilitas perpustakaan akan bertambah.

Seorang guru mengaku senang dapat membawa siswa ke dalam nuansa belajar yang lain. " Di sini anak-anak dapat melihat tayangan seperti di bioskop dengan layar lebar, hanya dengan mematikan lampu pencahayaan. Untuk pembelajaran pengetahuan alam untuk membuat teks deskripsi misalnya, siswa dapat mengamati langsung melalui kanal you tube karena disini komputer telah terkoneksi dengan internet yang lancar", tutur Heisma guru bahasa Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Joglosemar Selengkapnya
Lihat Joglosemar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone