Mohon tunggu...
Erik Tapan
Erik Tapan Mohon Tunggu... Dokter - Social Media Health Consultant

Sebagai seorang Health Consultant, saya akan berusaha memberi solusi terbaik (efisien, efektif & aman) bagi klien yang kebetulan mengalami ketidakberuntungan dengan kesehatannya. Pengalaman saya dlm bidang kedokteran, farmasi/obat2an, herbal, terapi alternatif / energi, internet dan social media. Topik yang sering ditangani: anti aging, masalah ginjal, penyakit degeneratif, lansia, dll. Silakan kontak saya untuk memperoleh waktu diskusi.

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Stroke Gara-Gara Mengikuti Saran Sesama Pasien

24 Januari 2023   11:11 Diperbarui: 24 Januari 2023   11:24 47
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Kejadian ini nyata dan kasusnya lebih dari 1 pasien. Saking ingin bersih mencuci darahnya, ada pasien yang meningkatkan sendiri putaran mesin cuci darahnya. Padahal seperti kita ketahui, putaran mesin itu harus diatur secara hati-hati sambil memperhatikan kenaikan tekanan darah dan jumlah cairan yang harus ditarik. Ini penting agar tidak menimbulkan komplikasi pada jantung dan otak.
Sayangnya karena terpengaruh informasi dari sesama pasien, ada pasien yang menyetel sendiri putaran mesinnya cukup tinggi, meskipun saat itu tekanan darahnya sudah di atas 230 / 110mmHg. Putaran ini tetap dipertahankan hingga selesai proses cuci darah. Hasilnya sih cukup bersih. Adekuasi mencapai 2 (dari target 1,8).
Tapi apa yang terjadi kemudian sungguh tidak diharapkan bersama. Pasien harus dirawat karena pecah pembuluh darah otak.


Pesan moral, berhati-hatilah jika ingin menerapkan informasi sesama pasien. Konsultasilah dahulu dengan perawat / dokter Anda. Ada hal-hal yang perlu dipertimbangkan, bukan hanya mencuci sebersih-bersihnya.
Sehat selalu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone