Mohon tunggu...
Erintia Putri
Erintia Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tertarik dengan UMKM Tape Singkong, Mahasiswa KKN-PLP Universitas Mataram Memberi Terobosan Baru untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Giri Tembesi

26 Januari 2023   00:43 Diperbarui: 26 Januari 2023   00:46 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) PLP Universitas Mataram periode Desember 2022- Januari 2023 memiliki terobosan baru untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Giri Tembesi. Desa Giri Tembesi merupakan salah satu desa yang berada di kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat, provinsi Nusa Tenggara Barat.

Setelah melakukan kegiatan survei di Desa Giri Tembesi mahasiswa KKN-PLP Universitas Mataram tertarik pada UMKM yang ada desa Giri Tembesi. Desa ini terkenal dengan UMKM yang fokus pada olahan singkong menjadi tape singkong. Tape singkong ini dijual di pasar terdekat dengan harga yang relatif murah.

Melihat hal tersebut Mahasiswa KKN-PLP UNRAM memiliki terobosan baru untuk mengembangkan produk tersebut agar mudah dipasarkan di toko-toko besar. Mahasiswa KKN-PLP UNRAM mengadakan kegiatan pengembangan kemasan produk tape singkong dengan menawarkan kemasan yang lebih menarik. Kemasan yang ditawarkan oleh kelompok KKN-PLP UNRAM berupa toples bening berbentuk kotak. Kemasan tersebut kemudian ditempelkan stiker sehingga membuat kemasan lebih menarik lagi. Dengan adanya tawaran kemasan baru mahasiswa berharap dapat membantu mengembankan UMKM yang ada di Desa Giri Tembesi khususnya untuk para produsen tape. 

dokpri
dokpri

Selain kegiatan pengembangan kemasan produk tape singkong mahasiswa KKN-PLP Universitas Mataram juga menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan inovasi pembuatan tape singkong menjadi kue gabin. Kegiatan ini diselenggarakan dengan harapan masyarakat desa giri tembesi dapat membuka usaha baru untuk meningkatkan perekonomiannya.

"Saya rasa produk ini sangat menarik, saya akan berusaha membuka usaha dengan produk ini" ujar ketua remaja yang berada di desa Giri tembesi. Mendengar hal tersebut kelompok KKN-PLP UNRAM membuat stiker dengan kontak dan media online ketua remaja.

Jaelani selaku ketua kelompok KKN UNRAM Desa Giri tembesi menyampaikan terimakasih kepada pemerintah desa dan dusun yang telah memberikan izin dalam menyelenggarakan kegiatan tersebut. Tak lupa pula ia sampaikan ucapan terimakasih kepada peserta sosialisasi dan pelatihan yang telah berantusias dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Pak Naharudin selaku Kepala Desa Giri Tembesi memberikan apresiasi dan dukungan penuh terhadap kegiatan tersebut

"Kegiatan ini adalah salah satu kegiatan yang diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat ". Ujarnya

Kedua kegiatan tersebut merupakan program kerja utama yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN-PLP Universitas Mataram di desa Giri tembesi Kecamatan Gerung kabupaten Lombok Barat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone