Mohon tunggu...
Erviana Pridayanti
Erviana Pridayanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Manajemen Universitas Internasional Semen Indonesia

Hallo, kenalin saya Erviana Pridayanti mahasiswa semester 5 Universitas Internasional Seemen Indonesia. Sejak dibangku SMA Saya sudah tertarik dengan dunia jurnalistik. Saya pernah menjadi ketua ekstrakurikuliler Jurnalistik di SMA selama 2 periode. Dalam diklat dari ekstrakurikuler tersebut, kami berkunjung ke beberapa laman media jurnalistik sperti Radar Madiun disitu kami memperlajari terkait teknik kepenulisan berita dan koran yang baik dan benar. Selain itu kami juga berkunjung di studio JTV madiun yang didalamnya kami mempelajari teknik presenter dan pengetikan berita yang t=rinci dan sistematis agar informasi yang diterima audience bisa dengan mudah dipahami dan beritanya terjamin atau tidak hoax. Berikut sekilat pengalaman jurnalis saya. Salam kenal semuaaa:)

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Seminar Entrepreneurship Penunjang Kegiatan Double Track di SMA Sunan Giri

26 Januari 2023   11:04 Diperbarui: 26 Januari 2023   12:01 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Event MICE merupakan singkatan dari Meeting, Incentive, Convention, Exhibition. Nah, dalam kegiatan ini mahasiswa Prodi Manajemen menggunakan event Mice jenis  Exhibition. Dalam pengertiannya sendiri, exhibition adalah kegiatan yang diselenggarakan dan diikuti oleh banyak orang/peserta biasanya disertai dengan pameran (exhibition) produk-produk yang berkaitan dalam pengertian lain Konferens merupakan pertemuan partisipasi yang dirancang terutama untuk diskusi, mencari dan berbagi informasi, memecahkan masalah dan konsultasi.

Maka dari itu mahasiswa Manajemen Universitas Internasional Semen Indonesia memiliki inovasi untuk membuat serangkaian acara MICE Convention yang dikemas semenarik mungkin agar audience dapat menerima informasi dengan mudah dan berkesan. Kegiatan ini Bernama Seminar Enterpreneurship dengan tema "Kiat-kiat Membangun Bisnis ala Generasi Milenual di Era Societu 5.0", yang dilaksanakan pada hari Kamis, 12 Januari 2022 dan bertempat di Masjid SMA Sunan Giri Menganti.

Seminar ini tidak hanya semerta-semerta seminar biasa, mahasiswa Manajemen juga mengupayakan untuk menunjang kegiatan double track yang ada SMA Sunan Giri Menganti terkhusus pada lini usaha binis. Dalam upaya lain, Mahasiswa Manajemen juga menggandeng pemateri yang sudah sangat berpengalaman di Bidangnya. Beliau merupakan Bapak M. Ismail Fahmi yang telah memiliki banyak pengalaman, diantaranya sebagai Ketua KPUG (Komunitas Pelopor Usaha Gresik),  Komite Pengembangan UMKM dan Koperasi di Kadin Gresik, Tokoh Inspirasi PWI Gresik pada tahun 2021 sekaligus CEO dari Minuman Tradisional Eson.

manajemen.uisi.ac.id
manajemen.uisi.ac.id

Materi yang dibawakan juga tidak kalah pentingnya, beliau memberikan arahan dan pandangan kepada siswa/siswi SMA Sunan Giri Menganti tentang pentingnya melek digitalisasi tentang dunia bisnis, dengan harapan setelah lulus SMA, siswa/siswi ini dapat berkesampatan untuk mengeksplore bakatnya dalam dunia usaha dengan tetap menggunakan kecanggihan media sosial yang ada saat ini.

Bapak M. Ismail Fahmi juga memberikan studi kasus ringan terkait dunia bisnis. Seperti mengajak teman-teman untuk menganalisa perhitungan laba/rugi suatu bisnis, mengajak interaksi siswa/siswi dengan menyebutkan beberapa marketplace yang dimiliki, dan yang terpenting cara jitu marketing suatu bisnis yang tepat sasaran di sosial media seperti: Whatsaap, Instagram, Tiktok, dan Facebook.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Dari materi yang telah diberikan rupanya sangat menumbuhkan antusias dari teman-teman siswa/siswi SMA Sunan Giri Menganti. Rupanya banyak dari mereka yang tidak malu untuk menjawab pertanyaan dari pemateri dan juga kerap sharing terkait usaha bisnis orang tua mereka sebagai salah satu bukti antusiasme dan keinginan lebih untuk belajar. Tak hanya itu, di sesi pertanyaan setelah materi, mereka juga saling berebut untuk menjawab pertanyaan dari kakak panitia dan pastinya juga sebagai ajang seru-seruan untuk saling merebutkan hadiah gelar juara kelas ter-aktif.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Dari akhir sesi seminar Manajemen UISI, segenap panitia juga melayangkan surat kritik dan saran terkait event ini. Dan dari hasil yang telah di rekap, banyak dari mereka beranggapan bahwa seminar ini sangat bermanfaat untuk menunjang insight siswa/siswi SMA Sunan Giri Menganti, terutama dalam dunia bisnis. Para siswa/siswi juga melayangkan kata semangat bagi kakak-kakak panitia yang menyelenggarakan event dan berharap untuk bisa berjumpa lagi dilain kesemparan. Tak ada kata yang cukup indah untuk menggantikan coretan-coretan kesan dan pesan dari siswa/siswi ini, cukup memulihkan energi kakak-kakak panitia ditengah panasnya Kecamatan Menganti kala itu.

Harapan besar dari segenap panitia Mahasiswa Manejemen UISI, ilmu yang telah diberikan ini dapat bermanfaat untuk Siswa/Siswi SMA Sunan Giri Menganti dalam dunia bisnis, serta dilain kesempatan dapat memberikan peluang untuk para pelopor usaha bisnis untuk mengepakkan sayapnya agar kedepannya usaha bisnis milenial akan merambah kepada teman-teman generasi milenial pula. Dan pastinya di Kabupaten Gresik ini bisa meningkatkan industri UMKM yang benilai tinggi yang nantinya dapat di ekspor dan bersaing di skala internasional.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone