Mohon tunggu...
Faishal Tri Aditama
Faishal Tri Aditama Mohon Tunggu... Akuntan - Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman

sepak bola

Selanjutnya

Tutup

Metaverse

Pengenalan Metaverse Untuk Dunia Bisnis dan Dampaknya Pada Zaman Modern

10 Oktober 2022   10:04 Diperbarui: 10 Oktober 2022   10:11 111
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Metaverse. Sumber ilustrasi: FREEPIK

 

Dalam zaman modern ini sangat terasa sekali perkembangannya terutama dalam sektor teknologi dimana alat yang sebelumnya sudah diciptakan terus dikembangkan guna mempermudah penggunanya untuk menikmati dan menyesuaikan dengan perkembangan yang ada, dengan fitur-fitur yang diberikan seperti kamera ponsel yang semakin diciptakan generasi terbarunya semakin jernih dan memiliki kualitas tangkapan kamera yang bagus dan TV yang juga memiliki kualitas gambar yang jernih.

Perkembangan sector teknologi pun tidak terlepas dari perkembangan sector bisnis yang juga bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Contohnya platform online shop seperti Shopee, dimana dahulu untuk berbelanja harus datang secara langsung ke tokonya namun sekarang sudah bisa berbelanja dengan jarak jauh dan yang pasti aman untuk melakukan transaksi dengan jaminan yang diberikan oleh pihak platform.

Dengan adanya teknologi yang dimiliki sekarang ini, dapat memunculkan ide baru dan yang belakangan ini sedang ramai dibahas adalah "METAVERSE". Dimana metaverse itu sendiri merupakan dunia virtual 3D yang ditempati oleh avatar dari manusia sungguhan, dengan tujuan untuk menjadi platform komunikasi sehingga setiap penggunanya dapat bekerja dan bermain di dunia virtual tersebut.

Secara tidak langsung dapat diartikan bahwa metaverse ini di desain hampir mirip dengan dunia yang kita tinggali sekarang namun hanya versi virtual/3D nya saja. Hal yang ditawarkan dalam metaverse ini seperti kita dapat membeli tanah, membeli rumah, membangun kota sendiri dengan nama sesuai dengan kemauan kita.

 Dalam dunia bisnis, keberadaan metaverse ini juga dapat membuka peluang banyak untuk menjadikan dunia virtual tersebut jadi ladang bisnis. Contohnya seperti jual beli tanah atau rumah, seperti artis Indonesia Rafi Ahmad yang membangun kotanya sendiri dengan nama RANSVERSE atau jual beli tiket konser seperti yang sudah diselenggarakan sebelumnya oleh artis Amerika Justin Bieber sebagai pengisi acara konser di dalam dunia virtual tersebut. Dalam hal seperti itu dapat membuka peluang-peluang lainnya untuk dijadikan bisnis di dalam Metaverse.

Namun dalam segala hal apapun itu pasti memiliki nilai kelebihan dan kekurangan, untuk nilai kelebihan yang diberikan dengan adanya metaverse ini, metaverse membuat orang-orang bisa bekerja, bermain, pergi ke konser virtual, melakukan perjalanan online, membuat dan melihat karya seni serta mencoba pakaian digital untuk dibeli layaknya dunia nyata.

Metaverse memberikan akses untuk melakukan pekerjaan, bermain pergi ke konser virtual, melakukan perjalanan online/virtual, dan membeli baju virtual Yang pasti itu menjadi suatu hal yang sangat baru dan menarik untuk dicoba oleh pengguna karena sistemnya yang hampir mirip dengan dunia nyata hanya saja metaverse ini versi virtualnya. Selain itu nilai kekurangan dengan adanya metaverse ini yaitu walaupun di desain seperti mirip dengan dunia nyata tetapi system komunikasinya hampir mirip dengan telfon biasa yang menggunakan layer dan audio untuk berkomunikasi. Untuk penggunaan metaverse ini menggunakan alat bantu yang Bernama VR (Virtual Reality) yang penggunaanya mirip dengan kacamata sehingga jika sering digunakan akan berdampak buruk untuk Kesehatan mata penggunanya.

Semenjak covid-19 pada tahun 2020 lalu, segala kegiatan dilakukan secara daring, tidak terlepas dari anak sekolahan yang melakukan pembelajaran akademik atau anggota organisasi yang melakukan pertemuan di dalam forum Gmeet atau Zoom. Bahkan pekerja kantoran pun bekerja secara jarak jauh atau istilahnya "work from home" dimana yang kita tahu hal tersebut menjadikan seseorang untuk bekerja secara remote namun dapat menyelesaikan pekerjaanya atau dalam Bahasa lainnya bekerja mudah, cepat dan benar. Dengan diciptakannya metaverse dan kemudahan yang ditawarkan dalam dunia tersebut daya Tarik banyak orang untuk mulai mencoba bekerja di dunia metaverse tersebut.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Metaverse Selengkapnya
Lihat Metaverse Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone