Mohon tunggu...
Farrell Ryan Prima
Farrell Ryan Prima Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Berdagang

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Bagaimana Hoodie Russell Athletic Bisa Sangat Populer Hingga Saat Ini

23 Januari 2023   20:15 Diperbarui: 23 Januari 2023   23:05 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam dunia kaos dan hoodie vintage, Champion Reverse Weave telah berkuasa selama hampir satu dekade terakhir. Popularitasnya di dunia vintage bahkan telah mendorong kolaborasi dan produksi ulang di era modern, memenuhi hasrat para pencinta mode untuk bernostalgia ke era 90-an dengan potongan kotak dan kesan kekar. Namun, jika Anda menelusuri feed Instagram vintage mana pun, Anda akan melihat bahwa gaya klasik era 90-an lainnya juga sedang naik daun: Russell Athletic.Google Trends telah melaporkan peningkatan 350% dalam minat pencarian untuk "crewneck Russell Athletic" selama dua tahun terakhir. Mari Corella, Manajer Umum Pakaian di eBay, mengatakan bahwa pencarian situs untuk "Hoodies Russell Athletic Vintage" melonjak 236% dari tahun 2020 hingga 2021. Penjualan untuk hoodies vintage Russell, tidak mengherankan, juga tumbuh 196%.

Baru-baru ini setahun yang lalu, Sebastian Moraga dan Roe Hodgson salah satu pendiri toko vintage populer No Maintenance  adalah satu-satunya orang yang meminta perlengkapan Russell, menurut manajer salah satu distributor grosir vintage mereka. "Sekarang, terkadang kami terpaksa mengambil barang yang paling bawah," kata Moraga. Berkat meningkatnya permintaan pelanggan dan persaingan yang semakin ketat di dunia vintage, Moraga dan Hodgson hampir tidak dapat menyimpan stok pakaian olahraga Russell dari tahun 80-an dan 90-an. "Anak-anak yang sebelumnya pernah membeli dari kami, menjual kembali Russell dengan harga dua kali lipat lebih mahal dari harga yang pernah kami jual," kata Hodgson.

215c0f5b-e4d2-41ea-b141-c0629fd8e99a-63ceae1f08a8b526cb2e3e23.jpeg
215c0f5b-e4d2-41ea-b141-c0629fd8e99a-63ceae1f08a8b526cb2e3e23.jpeg
Tapi mengapa Russell Athletic, tepatnya? Sebagai permulaan, merek ini adalah merek yang secara harfiah menciptakan kaus crewneck. Benjamin Russell, Jr, seorang pemain sepak bola profesional, pertama kali menciptakan gaya ini pada tahun 1926 sebagai alternatif yang nyaman untuk kaus wol yang gatal yang biasa ia kenakan. Itulah warisan dan keaslian yang sudah tertanam dan tidak bisa dinilai dengan uang.

Namun yang benar-benar memikat para penggemarnya adalah kesesuaian dan hasil akhirnya. "Russells memberikan apa yang sangat diinginkan oleh konsumen kontemporer," kata Moraga, "yaitu siluet yang lebar, santai, dan berbentuk kotak." Mereka juga cenderung memiliki lengan yang lebih penuh dengan rusuk yang lebih ketat di bagian manset dan keliman yang memberikan ciri khas siluetnya yang menggembung dan mengepal. Jika itu terdengar familiar, seharusnya begitu: Hoodie Yeezy Gap Ye yang sangat sukses mengikuti formula yang sama, dan Moraga dan Hodgson menduga hoodie ini terinspirasi oleh Russell yang klasik. Mengingat kegemaran Ye yang terkenal dalam mengoleksi merek tersebut, dugaan itu sangat bisa dipercaya.

a4b2b88e-cd0b-4d35-b3c7-5935b4891038-63ceaed008a8b532a42139a4.jpeg
a4b2b88e-cd0b-4d35-b3c7-5935b4891038-63ceaed008a8b532a42139a4.jpeg
Untuk bahannya, kaus vintage Russell berkisar dari versi kaus katun bermuka dua yang mengerikan hingga campuran katun-poly yang ideal untuk dipakai sepanjang tahun. Yang paling umum yang mungkin Anda temukan di alam liar adalah campuran poli yang, dibandingkan dengan banyak merek lain seperti Champion, memiliki tangan yang sangat lembut dan terasa kenyal. Russell Athletic juga memproduksi warna yang jauh lebih luas daripada kebanyakan kompetitornya, jauh di luar warna biru tua, abu-abu, dan hoodie hitam yang biasa. Dari warna tanah berdebu hingga warna permata yang dalam, palet yang luas berarti ada hoodie untuk setiap lemari pakaian.

Dan meskipun kaus Russell yang masih baru yang bisa Anda temukan di Amazon memiliki kelebihan, banyak penggemar vintage mengatakan bahwa kaus tersebut tidak sama - tekstil kontemporer tidak seberat pendahulunya, dan tidak memiliki tampilan usang dan pudar yang hanya bisa Anda dapatkan setelah bertahun-tahun dicuci dan dipakai.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone