Mohon tunggu...
FaridaS
FaridaS Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Hai perkenalkan saya farida, hobi saya membaca novel.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Dampak Penggunaan Keyboard terhadap Kasus Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

25 Januari 2023   23:28 Diperbarui: 25 Januari 2023   23:39 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: www.ahchealthenews.com

Zaman sekarang merupakan zaman yang berkembang pesat, banyak perubahan-perubahan yang terjadi. Hal ini di dukung dengan teknologi yang sangat maju. Kemajuan teknologi sangat berpengaruh dalam kehidupan setiap individu, sehingga banyak orang yang melakukan aktivitas selalu terhubung dengan teknologi, seperti orang-orang yang bekerja di perkantoran. Tentunya mereka selalu berhadapan dengan computer, Sebagian besar para pekerja menghabiskan waktu menggunakan mouse dan keyboard. Perlu di ketahui bahwa penggunaan mouse dan keyboard dalam waktu yang lama akan berdampak pada jari-jari tangan.

Penggunaan computer berisiko tinggi mengalami gangguan muskuloskletal salah satunya adalah carpal tunnel syndrome (CTS). Carpal tunnel syndrome (CTS) adalah kondisi dimana seseorang merasakan nyeri, kesemutan, dan kelemahan pada telapak tangan dan jari-jari tangan, tepatnya pada jari ke satu sampai setengah jari ke empat. Hal di terjadi karena adanya penekanan pada saraf medianus yang berfungsi sebagai motorik yang mengerakkan jari-jari tangan.

Faktor penyebab seseorang mengalami carpal tunnel syndrome (CTS) yaitu, usia, jenis kelamin, adanya trauma seperti tangan terbentur, dan mengetik dalam waktu yang lama. Gejala seseorang mengalami carpal tunnel syndrome, adanya mati rasa pada jari-jari tangan kesatu sampai setengah keempat, dan nyeri di sertai rasa terbakar. Carpal tunnel syndrome 3%-6% dipengaruhi oleh pekerjaan mengetik dan menyebabkan saraf medianus mengalami penekanan. sehingga dapat menganggu aktivitas.

Penagananan carpal tunnel syndrome yaitu :

  • Stretching exercise atau latihan peregangan pada tangan, dilakukan dengan cara lengan di arahkan ke depan kemudian angkat tangan ke atas dengan tangan satunya menahan telapak tangan, tahan selama 8 detik. Dilakukan sebanyak 5 kali pengulangan dan dilakukan 3-4 kali dalam sehari. Stretching atau peregangan bertujuan agar saraf medianus mengalami pembebasan akibat kompresi atau penekanan.
  • Nerve dan tendon gliding merupakan Latihan imobilisasi pada saraf medianus dan tendon fleksor. Latihan ini bertujuan untuk mengurangi tekanan pada saraf medianus. Nerve gliding dilakukan dengan cara posisi tangan netral dan jari-jari tangan menekuk, dan luruskan jari-jari tangan. Kemudian pergelangan tangan dan jari-jari di arahkan ke punggung tangan dan tangan lainnya membantu meregangkan ibu jari. Sedangkan tendon gliding dilakukan dengan cara tangan dan jari-jari posisi netral, dan tekuk jari-jari perlahan hingga seperti gerakan meninju. Latihan ini dilakukan sebanyak 5 kali pengulangan, tahan selama 7 detik, dan dilakukan 3 kali sehari.

Pencegahan carpal tunnel syndrome (CTS) yaitu, mengurangi aktivitas yang banyak menggunakan tangan dan jari-jari tangan, menggunakan splint pada pergelangan tangan jari-jari yang bertujuan untuk menyangga Ketika terjadi pergerakan.

REFERENSI:

  • B L, A. B., Ariyanti, F., & Sariana, E. (2022). HUBUNGAN POSISI PERGELANGAN TANGAN SAAT MENGETIK TERHADAP RISIKO TERJADINYA CARPAL TUNNEL SYNDROME: STUDI LITERATUR. Jurnal Fisioterapi Dan Kesehatan Indonesia, 2(1), 1-12.
  • FP, J., Rifqi Warnedi, Winda Khairunnisa, Laura Defirsty, Nurrezki Tri Wijiyanti, Andi Saputra, & Wahyuni Wahyuni. (2022). PENANGANAN DAN PENCEGAHAN FISIOTERAPI PADA NYERI PERGELANGAN TANGAN DI KOMUNITAS MOTOR PEKANBARU. Community : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(3), 01-08.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone