Mohon tunggu...
Muhamad Fatih
Muhamad Fatih Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

introvert

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal

Keindahan Gunung di Bekasi

24 Januari 2023   09:24 Diperbarui: 24 Januari 2023   09:35 86
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Halo Lokal. Sumber ilustrasi: PEXELS/Ahmad Syahrir

Gunung ini ada sejak tahun 1986 di Kota Bekasi yang tepatnya di Kecamatan Bantar Gebang. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan luas sekitar 110,3 hektar ini memiliki ciri khas sendiri, yaitu bau yang sangat menyengat dan banyak sampahnnya atau bisa dibilang dengan Gunung Sampah Bantar Gebang.

Pada tanggal 28 juni 2022 gunung sampah ini sudah terisi 39 juta ton sampah dan sudah memenuhi 80 persen dari kapasitas. Sampah-sampah yang datang ke gunung sampah ini untuk diolah kembali menjadi bahan bakar ramah lingkungan(Refuse Derived Fuel/RDF), bisa sampai sekitar 7.800 ton perharinya. Meskipun selalu dirapihkan dan dikurangi untuk diolah, gunung sampah ini masih sangat beresiko longsor, hingga menyebabkan kerusakan-kerusakan lingkungan. Seperti fasilitas-fasilitas pendukung, seperti jalan dan saluran air yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat sekitar.

Tidak hanya gunung sampah ini saja yang memberikan dampak yang kurang mengenakan untuk masyarakat Kota Bekasi dan sekitarnya. Truk-truk yang mengantarkan sampah ini juga terkadang mengganggu pengendara motor ketika dijalan umum. Salah satu dampaknya adalah air limbah tersebut yang keluar dari truk dan berceceran dijalan umum yang sangat menggangu aromanya. Terlepas dari ungkapan sampah berserakan hingga membentuk gunung menjulang. Sampah memiliki makna tersendiri bagi masyarakat dengan sumber mata pencaharian tersebut. Ada yang menjadi supir truk pengantar sampah, pemulung dan lain sebagainya.

Kita harus meningkatkan kesadaran diri untuk mengurangi sampah plastik dan sampah lainnya. Kalau bisa kita tidak perlu lagi menggunakan barang-barang yang hanya sekali pakai lalu dibuang. Jadi, kita sebagai masyarakat Kota Bekasi dan sekitarnya, mulai sekarang harus mulai mengurangi sampah-sampah plastik dan sampah-sampah yang sulit untuk diolah. Dan pada akhirnnya hanya membuat gunung sampah tersebut semakin tinggi menjulang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone