Mohon tunggu...
Feri Dianto
Feri Dianto Mohon Tunggu... Guru - SD Negeri Trayeman 03

Seorang Guru Sekolah Dasar yang suka menulis

Selanjutnya

Tutup

Seni

Serunya Membuat Batik Tulis dan Batik Jumputan SD Negeri Trayeman 03

14 Januari 2023   14:37 Diperbarui: 14 Januari 2023   17:32 215
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Siswa Kelas 1 sedang membuat batik tulis

Dalam rangka kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila, siswa-siswi SD Negeri Trayeman 03 berkesempatan untuk membuat batik tulis dan batik jumputan. Anak - anak Kelas 1 dan 4 SD Negeri Trayeman 03 berkesempatan mengikuti kegiatan yang seru dan menyenangkan pada hari Jumat - Sabtu, 13 -14 Januari 2023 dalam rangka Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka yang diharapkan dapat meningkatkan kesadaran anak-anak akan pentingnya menghargai dan mengenal budaya dan tradisi yang ada di sekitar mereka.

Proses Pembuatan Batik Jumputan
Proses Pembuatan Batik Jumputan

Dalam kegiatan tersebut, anak-anak diajak untuk mengenal lebih dalam tentang batik jumputan yang merupakan salah satu jenis batik yang berasal dari daerah Jawa Tengah. Mereka belajar bagaimana cara membuat batik jumputan dengan menggunakan teknik yang benar dan tepat. Anak-anak juga diajak untuk mengeksplorasi kreativitas dan imajinasinya dalam merancang motif batik yang unik dan menarik.

Siswa menunjukan hasil Batik Jumputan
Siswa menunjukan hasil Batik Jumputan

Selain batik jumputan yang dibuat oleh siswa kelas 4 SD Negeri Trayeman 03, siswa-siswi kelas 1 SD Negeri Trayeman 03 membuat Batik tulis pada media kain mori yang dibuat menjadi sapu tangan. Batik tulis merupakan salah satu jenis batik yang dibuat dengan menuliskan motif atau gambar secara manual menggunakan canting (alat untuk menuliskan pada kain batik) dan mengaplikasikan warna dengan cara mengecat.  Batik tulis memiliki keunikan tersendiri dalam bentuk motif dan warna yang digunakan. Karya batik tulis seringkali dianggap sebagai karya seni yang memiliki nilai estetika yang tinggi dan dikenal sebagai salah satu jenis batik yang sangat khas dari Indonesia.

Hasil Batik Jumputan
Hasil Batik Jumputan

Anak-anak kelas 1 dan kelas 4 sangat antusias dalam kegiatan membatik yang diselenggarakan oleh SD Negeri Trayeman 03. Mereka sangat senang dapat belajar cara membuat batik jumputan dan batik tulis dengan mengangkat tema kearifan lokal. Mereka menunjukkan antusiasme yang tinggi saat belajar cara membuat batik jumputan, mulai dari membuat sketsa motif hingga mengaplikasikan warna pada kain batik. 

siswa kelas 1 sangat antusias dalam membuat batik
siswa kelas 1 sangat antusias dalam membuat batik

Pada kegiatan membatik jumputan, siswa kelas 1 dan 4 SD Negeri Trayeman 03 diajak untuk mengeksplorasi kreativitas dan imajinasinya dalam merancang motif batik yang unik dan menarik. Mereka menggunakan beberapa motif yang berbeda sesuai dengan tema yang ditentukan dan mengaplikasikan warna yang cerah. Motif yang digunakan antara lain motif tradisional yang terinspirasi dari kearifan lokal seperti motif burung, bunga, atau bentuk geometris lainnya. Warna yang digunakan pun cenderung cerah dan menyegarkan, seperti merah, kuning, hijau, biru, dan lain sebagainya. Dengan demikian, karya batik yang dihasilkan oleh siswa terlihat menarik dan menyegarkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone