Mohon tunggu...
Firmanur Rohman
Firmanur Rohman Mohon Tunggu... Lainnya - Man jadda wajada - Barang siapa yang bersungguh-sungguh, ia akan berhasil

X-Banker, yang fokus di menulis, berwirausaha, dan sedikit belajar tentang investasi.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Membangun Aset Digital

20 Januari 2023   12:30 Diperbarui: 20 Januari 2023   14:12 73
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi (Pict: Infografis diolah pribadi)

Membangun Aset Digital - Perubahan menjadi satu kata yang berarti dalam sebuah era yang terus berganti, begitu pula dengan era digital saat ini, yang semuanya dituntut serba mudah, serba cepat dan serba instan.

Era digital adalah suatu kondisi dimana semua orang sudah mengerti tentang teknologi dan semuanya bisa saling terhubung dengan cepat melalui sambungan internet.

Seiring dengan hadirnya era digital, bersamaan dengan era tersebut, lahir generasi baru yang disebut dengan Generasi Z, generasi ini sering disebut dengan penduduk era digital sejati yang lahir pada era internet yang merupakan sebuah keajaiban teknologi.

Mandiri dan realistis menjadi ciri khas dari Gen Z, yang menjadikan generasi ini lebih berani dalam mengambil sikap apalagi didukung dengan instrumen teknologi yang mumpuni untuk mewujudkan ide dan mimpi mereka.

Aset Digital, Cara Menghasilkan Uang dengan Rebahan

Era digital memang telah merubah segalanya, termasuk pola pikir, kebiasaan bahkan pola hidup. Hal ini berlaku pula dengan Generasi Z yang memiliki ciri khas sendiri dibanding generasi sebelumnya, sebagai generasi yang mandiri, realistis dan sangat melek ekonomi, maka generasi ini memiliki cara pandang yang berbeda, hal inilah yang menyebabkan mereka memiliki pola pikir sendiri.

Salah satu diantaranya adalah dengan mengekspresikan hidupnya untuk menjadi dirinya sendiri. Bahkan untuk menjadi dirinya sendiri, dilakukannya dengan membangun aset digital sesuai dengan hobi dan passion-nya.

Masih ingat dengan Warren Buffet, Bapak Investasi Dunia, yang pernah menyampaikan:

Jika kamu tidak mencari cara untuk membuat uang saat kamu tidur, kamu akan kerja sampai kamu meninggal

Apa yang disampaikan Warren Buffet ini sangat sejalan dengan pola pemikiran saya bahkan Generasi Z lainnya, yang ingin mewujudkan mimpi dengan menjadi diri sendiri, dan tantangan tersebut, sepertinya sejalan dengan atmosfer kehidupan di era digital yang didukung oleh berbagai perangkat pendukungsebagai provider dan produsen perangkat canggih untuk mewujudkan mimpi para Generasi Z yang bergerak dalam investasi di dunia digital.

Bahkan Idntimes.com sempat menulis terdapat 4 (empat) pekerjaan berpenghasilan besar di era digital namun dianggap pengangguran, yaitu:

  1. Professional Gamer.
  2. Youtuber.
  3. Blogger
  4. Game Developper.

Selain itu mengutip dari 5amsuccess.com, terdapat 5 (lima) cara untuk menghasilkan uang saat kamu tidur, salah satunya yang sangat sesuai di era digital, adalah dengan "membuat dan membangun sebuah blog".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone