Mohon tunggu...
Firman Rahman
Firman Rahman Mohon Tunggu... Lainnya - Yuk Bahagia...!!!

Penikmat perjalanan | www.firm.my.id |

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Tips Sukses Bisnis Berpenghasilan dari Internet dengan Mudah

23 Januari 2023   10:30 Diperbarui: 23 Januari 2023   10:48 110
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi (Pict: Infografis diolah)

Tips Sukses Bisnis "Berpenghasilan dari Internet dengan Mudah" - Pandemi Covid-19 telah merubah segalanya, begitu banyak perubahan terjadi yang mengakibatkan hal yang sebelumnya tidak mungkin terjadi, saat ini harus dilakukan, meskipun hasil yang didapatkan sangat kecil. 

Efek Covid-19 ini begitu banyak dan berpengaruh pada semua sektor kehidupan, dan yang paling terimbas adalah sektor bisnis, banyak sekali perusahaan yang tidak bisa mengantisipasi perubahan sehingga harus tutup dan mengakibatkan banyak karyawan yang harus di PHK. Kata "PHK" tentunya menjadi momok yang luar biasa bagi seseorang yang berprofesi sebagi seorang karyawan, apalagi mereka yang belum mempersiapkan pekerjaan pengganti.

Menurut Direktur AITO, Summer (2020) dalam geotimes.co.id, perusahaan-perusahaan yang dulunya memiliki suasana sibuk, saat ini berada dalam kesulitan karena adanya pandemi. Bahkan terdapat 5 (lima) efek utama Pandemi Covid-19 bagi perusahaan di Indonesia.

Efek pertama adalah beralihnya sistem finansial perusahaan menuju sistem zero-based budgeting. Efek yang kedua yaitu adanya "PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA" terhadap karyawan secara besar-besaran. Efek yang ketiga yaitu terjadinya kekacauan produksi di berbagai perusahaan. Efek keempat yaitu menurunnya produktivitas perusahaan. Efek yang terakhir, runtuhnya perusahaan dikarenakan kebangkrutan yang diakibatkan ketidakmampuan perusahaan untuk bertahan di tengah pandemi.

Diantara kelima hal efek pandemi yang menakutkan tersebut di atas, maka efek kedua menjadi hal yang sangat menakutkan bagi mereka yang saat ini masih menjadi seorang karyawan.

Berbicara tentang pandemi, tentunya saat ini menjadi hal yang pekat atau abu-abu, karena tidak tahu kapan hal tersebut terjadi pada perusahaan tempat kita bekerja atau kita sendiri yang harus terkena PHK. Satu hal utama yang sangat penting adalah mempersiapkan segalanya menjadi hal yang mungkin, dengan memulai berbisnis, entah pilihannya apakah bisnis offline atau pun online, semua menjadi pilihan terbaik.

Bisnis Online Sebuah Solusi Praktis Mendapatkan Penghasilan di Pasca Pandemi

Bagi orang optimis dan memiliki tekad kuat untuk memulai bisnis, maka tidak ada yang tidak mungkin, bahkan meskipun dalam keadaan sulit karena pandemi, mereka masih mencari peluang terbaik di tengah masalah dan himpitan ekonomi. Saat ini, semua pasti merasakan efek yang luar biasa akibat pandemi ini, bahkan sejak meredanya pandemi sudah mulai banyak yang merasakan efek luar biasa tersebut.

Terkena PHK mungkin bisa menjadi motivasi dan dorongan untuk memulai bisnis sendiri, banyak cara untuk memulai bisnis, salah satu yang bisa diipilih adalah memilih bisnis online, entah karena baru pertama memulai bisnis atau karena ingin mengembangkan bisnis, bisnis online menjadi pilihan yang harus dilakukan di saat pandemi saat ini.

Pernah ada yang mengatakan bahwa tidak semua bisnis bisa dionline-kan, namun dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, ditunjang pengaruh pandemi yang sangat luar biasa, maka bisnis online manjdi sebuah pilihan yang harus dilakukan.

Sejak pandemi ini, dimana semua harus membatasi aktivitas luar rumah apalagi dengan berbagai kebijakan seperti keharusan memakai masker dan "menjaga jarak" atau social dan physical distancing, maka bisnis online menjadi sebuah pilihan yang tepat. Kebiasaan yang terbawa sejak pandemi inimembuat semua orang masih belum bisa meninggal kebiasaan tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone