Mohon tunggu...
Firmanur Rohman
Firmanur Rohman Mohon Tunggu... Lainnya - Man jadda wajada - Barang siapa yang bersungguh-sungguh, ia akan berhasil

X-Banker, yang fokus di menulis, berwirausaha, dan sedikit belajar tentang investasi.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Motivasi Bisnis Seorang Entrepreneur Pasca Pandemi Covid-19

24 Januari 2023   12:00 Diperbarui: 24 Januari 2023   12:03 49
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi (Pict: istockphoto.com/HAKINMHAN)

Sudah hampir satu tahun wabah pandemi Covid-19 ini mereda, perubahan pola hidup bahkan pola bisnis, menjadikan seorang entrepreneur atau pebisnis mulai memikirkan cara terbaik untuk mempertahankan bisnis yang dijalankannya. Tidak hanya itu, banyak hal yang harus dilakukan, agar bisnisnya bisa bertahan. Tentunya bagi seorang entrepreneur yang ulet dan kreatif akan mencoba berbagai cara, bahkan tidak hanya agar bisnisnya bisa bertahan, namun mencari peluang terbaik, meskipun peluang tersebut masih belum menghasilkan sesuai yang diharapkannya. Motivasi bisnis seorang entrepreneur pasca pandemi Covid-19, memang sangat menarik untuk dibahas, tidak hanya pola pemikiran, ide yang bisa dikembangkannya, namun cara bertahan hidup menjadi pembahasan menarik kali ini.

Kalau sebelum wabah pandemi ini melanda, tantangan bisnis hanya bagaimana agar bisnis bisa dikenal, produk yang dijual bisa lalu, membangun brand agar dikenal, kemudian mencari cara pengembangan produk dan juga bisnis, namun sejak merebaknya wabah pandemi, tantangan semakin bertambah, dan begitu pula setelah pandemi mereda, ternyata ada hal yang berbeda.

Pasca pandemi ini menjadi sebuah ujian luar biasa, bagaimana tidak, begiu banyak usaha yang harus menutup bisnisnya karena terjadi kemerosotan performa bisnis, mulai dari omset, mengalami boncos, baik dari sisi promosi maupun keuntungan, tentunya hal ini menjadi makanan sehari-hari saat pandemi.

Motivasi Sukses Bisnis Seorang Entrepreneur

Memulai dan membangun bisnis adalah sebuah tantangan, apalagi untuk Anda yang baru menapaki jalan dengan menjadi seorang Entrepreneur. TIDAK MUDAH, namun harus dijalani, begitu banyak hal yang harus dilewati, mulai dari proses, tekad, niat bahkan keyakinan untuk sukses saat menghadapi segala rintagan dan hambatan.

Menjadi entrepreneur memang dibutuhkan kekuatan tekad, namun ada kalanya tekad tersebut mengalami penurunan yang terkadang membuat seorang entrepreneur mengalami demotivasi seperti saat menghadapi kondisi saat ini.

Kondisi di bawah ini mungkin pernah Anda alami, apalagi bagi Anda yang baru memulai berbisnis, atau Anda seorang pebisnis yang sudah lama berkecimpung dalam dunia bisnis, namun berupaya untuk mengenalkan dan menjual produk baru yang menurut Anda menarik:

Siklus hidup seorang entrepreneur (Pict: instagram.com/dimancy.id/)
Siklus hidup seorang entrepreneur (Pict: instagram.com/dimancy.id/)

Kondisi naik turun merupakan hal biasa dalam dunia entrepreneur, namun yang utama adalah memberikan motivasi pada diri sendiri untuk bangkit, karena sebenarnya tidak ada yang bisa membangkitkan semangat, kecuali dari diri pebisnis itu sendiri.

Terdapat banyak cara untuk mengembalikan motivasi yang mulai menurun atau bahkan mulai hilang, sebagai berikut (dikutip dari liputan6.com):

  1. Menenangkan diri.
  2. Mengingat kembali hal apa yang membuat Anda memilih untuk berbisnis.
  3. Mengubah fokus bisnis Anda.
  4. Mulai berpikir positif.
  5. Kelilingi diri Anda dengan orang positif.
  6. Berani mengambil risiko.
  7. Sabar.

1.Menenangkan diri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone