Mohon tunggu...
Funpol
Funpol Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Tumbuh dan Menggugah

Selanjutnya

Tutup

Politik

Pemilih Anies dan Ganjar karena Kemarahan?

25 Januari 2023   21:45 Diperbarui: 25 Januari 2023   21:49 107
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar : rm.id

Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo disebut sebagai simbol dari kemarahan dari kelompok pemilihnya, hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah. Fahri menyebutkan bahwa pemilih Anies dan Ganjar lebih berlandaskan emosional.

"Anies adalah simbol dari kemarahan kanan, Ganjar dari kemarahan kiri. Yang pilih Ganjar itu emosional, yang pilih Anies emosional. Yang pilih Prabowo rada mendingan. Lebih rasional." Ujar Fahri yang diambil dari tayangan HAS Creative bersama Komika Mamat Alkatiri.

Hal tersebut didukung oleh Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun. Ia menerangkan bahwa pendukung Anies dan Ganjar berasal dari kemarahan meskipun terdapat hal yang membedakan yaitu kemarahan pendukung Anies lebih mengarah ke arah yang lebih baik.

"Jadi kalau dibilang pendukung Anies Baswedan adalah orang yang marah, ya benar tapi tidak emosional marah terhadap yang tidak benar, marah kepada ketidakadilan, marah tidak ditindaklanjuti kasus km 50, marah dengan pemerintah yang mudah menangkap aktivis, marah dengan penegak hukum yang mudah menangkap orang." Ungkap Refly

Menurut Refly, kemarahan yang dilakukan oleh pendukung Anies dilandasi keinginan untuk Indonesia menjadi lebih baik.

Sedangkan pendukung Ganjar lebih mengarah kepada ketidakinginannya ada perubahan rezim dari pemerintahan Jokowi.

"Tapi kalau kemarahan atau emosi dari pendukung Ganjar saya kira mereka justru berpikir tentang tidak ingin ada perubahan rezim, khawatir takut, kalau berubah rezim akan ada konsekuensi." Jelas Refly.

Terkait rasionalitas, Refly menilai bahwa ada kelompok yang rasional maupun ada yang tidak rasional, sebab mungkin mereka merasa rezim seperti ini membuat mereka nyaman, karena itu mereka tidak suka ketika muncul sosok Anies yang dinilai sebagai antitesis pemerintahan Jokowi.

 "Jadi alasannya agak aneh, orang memilih Anies enggak suka Jokowi, orang memilih Ganjar karena enggak suka Anies, jadi pertalian tokoh ini luar biasa." Tambah Refly

Diketahui selama ini terdapat 3 nama yang selalu muncul dengan elektabilitas calon presiden teratas dari semua lembaga survei, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. Sehingga tidak heran jika terjadi persaingan ketat antara pendukung Anies dan Ganjar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone