Mohon tunggu...
Furqon Jamil
Furqon Jamil Mohon Tunggu... Human Resources - Tukang Ngomong di Bukit Vista

Halo, Aku Furqon. Salam kenal semuanya. Aku hobi untuk menulis dan menjelajahi dunia. Semoga tulisan ku dapat menginspirasi kalian ya!

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Bukit Vista Merangkul 3 Universitas Terbaik dalam Membangun Pariwisata di Indonesia

24 Januari 2023   23:24 Diperbarui: 24 Januari 2023   23:28 61
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Setelah 2 tahun terpuruk oleh pandemi covid-19, akhirnya industri pariwisata di Indonesia mulai menemukan angin segar. Hal ini dapat dilihat dengan data jumlah kunjungan wisatawan asing ke Indonesia yang semakin membaik.

Berdasarkan data di atas, kunjungan wisatawan asing di bulan September 2022 meningkat hingga 500% dari tahun lalu. Selain dari melonggarnya aturan perjalanan, gaya hidup baru yang memungkinkan orang untuk bekerja darimana saja pun juga ikut mendorong angka peningkatan ini.

Sebagai salah satu pemain di industri perhotelan dan pariwisata, Bukit Vista terkena hembusan sejuk dari tiupan angin segar tersebut. Dengan kondisi pandemi yang semakin membaik, Bukit Vista sudah mulai menunjukkan performa yang sangat apik. Angka peningkatan penjualan Bukit Vista sudah berkutat di level angka penjualan sebelum pandemi. Melihat tren yang terus meningkat, CEO Bukit Vista – Jing Cho Yang – sangat optimis bahwa Bukit Vista akan terus berkembang lebih besar.

Untuk menjalankan misi tersebut, Mr. Jing bersama Tim Public Relation Bukit Vista mengadakan pertemuan dengan 3 univeristas terbaik di Indonesia guna merekrut mahasiswa terbaik mereka agar dapat berkontribusi dalam pengembangan perusahaan.

Universitas Gadjah Mada

Kunjungan Mr. Jing ke Jogja berawal dari undangan dari Pak Ghifari Yuristiadhi, selaku Ketua Program Studi Bisnis Perjalan Pariwisata Sekolah Vokasi UGM, untuk mengikuti kegiatan GENDHING BUDAYA 2022. Setelah bersilaturahmi dengan beliau, Mr. Jing berinisiatif untuk berkunjung ke teman-teman lama dan bertemu dengan teman baru di UGM. Berikut adalah beberapa orang-orang hebat yang beliau temui:

  1. Ghifari Yuristiadhi Masyhari Makhasi, S.S., M.A., M.M., C.H.E.i – Ketua Program Studi Bisnis Perjalan Pariwisata Sekolah Vokasi UGM
  2. Zahra Frida Intani, S.Psi., M.Psi., – Ketua Pelaksana Program MBKM Fakultas Psikologi UGM
  3. Azhari SN, Drs., MT., Dr – Ketua Program Studi S1 Ilmu Komputer UGM
  4. Dr. Sutopo, S.Si, M.Si. – Ketua Program Studi S1 Matematika UGM
  5. Dr. Yohanes Suyanto, M.I.Kom. – Ketua Program Studi S1 Elektronika dan Instrumental UGM
  6. Treviliana Eka Putri ,MIntSec – Coordinator Executive Secretary Center for Digital Society UGM
  7. Denny Wijayanto – Head of Program Innovative Academy UGM
  8. Merryta Andriani, S.E., Akt – Kepala Seksi Pengembangan Karier Lulusan UGM
  9. Dr. Wiwik Sushartami, M.A.  – Kepala Program Studi S1 Pariwisata UGM
  10. Dian Asmara Djati – Koordinator Kerjasama Industri dan Alumni FEB UGM

Mr. Jing dengan Prof. Azhari, Ketua Program Studi Ilmu Komputer UGM (Dokpri)
Mr. Jing dengan Prof. Azhari, Ketua Program Studi Ilmu Komputer UGM (Dokpri)
Dalam pertemuan-pertemuan tersebut, Mr. Jing menceritakan tentang Bukit Vista dan apa yang menjadi perusahaan. Tidak sedikit beliau juga mendemonstrasikan apa yang menjadi pencapaian di Bukit Vista seperti proses Promenade dan OSAI yang dirancang dengan sistem manajemen data, hingga budaya kerja remote dengan discord sebagai kantor virtual. Prof. Azhari bahkan sebelumnya tidak mengetahui bahwa ada teknologi yang bisa digunakan sebagai platform interaksi online langsung seperti discord. Beliau sangat antusias hingga membawa semua mahasiswanya untuk bermain di kantor virtual Bukit Vista.

Walaupun memiliki interest yang berbeda-beda, masing-masing representatif sangat kagum dengan apa yang sudah Bukit Vista kerjakan. “Bukit Vista berkembang sangat cepat.” komentar Pak Yohannes kepada Tim Public Relation Bukit Vista. Semua pertemuan menghasilkan hal yang sangat positif bagi Bukit Vista dan UGM. Kedua belah pihak setuju untuk  saling mendukung program kolaborasi bersama seperti perekrutan karyawan, knowledge sharing, mentorship dan lainnya.

Universitas Indonesia

Di hari pertama, Mr. Jing bertemu dengan Dr.Eng. Laksmita Rahadianti, S.Kom., M.Sc. sebagai Manajer Kerjasama Pendidikan & Riset di Fakultas Ilmu Komputer UI. Pertemuan dengan entitas UI bersifat virtual. Nah, ada cerita menarik dibalik pertemuan perdana ini. Saat kami hendak mengundang Bu Laksmita ke kantor virtual kami, amat disayangkan keadaan koneksi Bu Laksmita saat itu tidak terlalu stabil sehingga pertemuan harus dilakukan via google meet. Di akhir pertemuan, Bu Laksmita sangat terkesima dengan inovasi spontan yang dilakukan dan juga demonstrasi dynamic pricing langsung dari Thoriq Musyaffa selaku salah satu pemagang dari Teknik Komputer UI.

Thoriq sedang menjelaskan sistem dynamic pricing bekerja di Bukit Vista (Dokpri)
Thoriq sedang menjelaskan sistem dynamic pricing bekerja di Bukit Vista (Dokpri)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone