Mohon tunggu...
GILBERT LIMAN JAYA
GILBERT LIMAN JAYA Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

Siswa SMA Citra Berkat, Tangerang

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Minum Kopi di Pagi Hari, Baik atau Buruk?

25 Januari 2023   13:58 Diperbarui: 25 Januari 2023   14:19 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber : https://www.pexels.com/id-id/foto/biji-kopi-1695052/

Memulai hari dengan kopi dipercaya dapat meningkatkan semangat dalam menjalani hari. Di masa sekarang, kopi dianggap sebagai mood booster oleh banyak orang. Secangkir kopi dengan roti atau cemilan adalah kombinasi yang pas untuk dikonsumsi di pagi hari. 

Ada fakta menarik, menurut International Coffee Organization (ICO), pada tahun 2020/2021 konsumsi kopi di seluruh dunia mencapai 166,35 juta kantong kopi berukuran 60 kilogram. Indonesia sendiri saat itu menduduki peringkat 5 di atas Rusia dan di bawah Jepang dengan angka 5 juta kantong berukuran 60 kilogram. Hal ini menunjukan bahwa banyak sekali peminat kopi di Indonesia, apalagi Indonesia memiliki berbagai jenis kopi yang memiliki rasa dan ciri khas yang beragam.

Kopi sendiri memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. Kandungan kafein pada kopi dapat mengganggu pertumbuhan dan penyebaran sel kanker dalam tubuh serta zat antioksidan yang ada dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan diabetes. Kopi juga dapat menurunkan resiko penyakit berbahaya lainnya seperti parkinson dan liver.

Bagi beberapa orang, rasanya kurang afdol kalau memulai hari tanpa kopi. Namun,  bolehkah minum kopi di pagi hari? Nyatanya, boleh-boleh saja mengonsumsi kopi di pagi hari. Hormon kortisol atau hormon pemicu stress akan naik pada pukul 08.00-09.00, sehingga hindari minum kopi pada waktu tersebut karena, kafein akan meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh. Untuk pagi hari, disarankan minum kopi setelah kadar hormon kortisol rendah, umumnya pukul 09.30-11.30 sehingga kandungan kafein pada kopi dapat bekerja dengan baik dan memberikan berbagai manfaat.

sumber : https://www.pexels.com/id-id/foto/secangkir-kopi-di-saucer-414630/
sumber : https://www.pexels.com/id-id/foto/secangkir-kopi-di-saucer-414630/

Ternyata, mengonsumsi kopi di pagi hari juga menghasilkan berbagai manfaat yang mendukung tubuh dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Dengan minum kopi, kita bisa terhindar dari stress dan depresi sehingga siap menjalani hari dengan baik. Kafein dalam kopi dapat meningkatkan kinerja otak dengan mempertajam perhatian dan konsentrasi, sehingga minum kopi sangat membantu dalam melakukan tes di pagi hari agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Selain itu, kafein dapat meningkatkan stamina dan mengurangi rasa nyeri otot setelah berolahraga.

Kopi sebaiknya dikonsumsi 1 jam sebelum memulai aktivitas. Tubuh memerlukan waktu 30-45 menit untuk mengolah dan memproses kafein dan efek lainnya untuk mencapai puncak dan menghasilkan manfaat yang terkandung di dalamnya. 

Namun, minum kopi di pagi hari harus tetap mengikuti kondisi tubuh dan jenis kopi yang dipilih. Berikut sedikit tips menikmati kopi , yaitu :

  1. Pilihlah jenis kopi yang menurut anda cocok untuk tubuh, sehingga bisa menikmati kopi tanpa rasa takut.  

  2. Atur gula secukupnya 

  3. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Healthy Selengkapnya
    Lihat Healthy Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

    Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone