Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Seni Pilihan

Berbagai Jenis Kolase dalam Karya Seni yang Perlu Kamu Ketahui!

23 Januari 2023   16:45 Diperbarui: 23 Januari 2023   16:42 155
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kalau kita berbicara tentang karya seni, tentunya ada banyak sekali teknik yang digunakan. Di mana setiap elemen tersebut, selalu identik dengan hasil karya tersebut. Oleh sebab itu, karya seni yang dibuat dengan menggunakan teknik satu dengan yang lainnya akan memberikan hasil yang berbeda.

Banyaknya teknik akan menciptakan hasil karya seni yang beragam pula, sehingga dapat dikatakan bahwa setiap orang akan menyukai teknik karya seni yang berbeda-beda.

Tidak hanya tekniknya saja, tetapi hasil dari karya seni yang dihasilkan juga akan berbeda-beda, salah satunya adalah kolase. Untuk Sebagian orang, mungkin kolase terdengar asing, apakah kamu juga salah satunya?

Pengertian kolase adalah suatu teknik menempelkan berbagai elemen ke dalam satu bingkai untuk bisa menghasilkan suatu karya seni baru.Β 

Secara umum, kolase adalah suatu karya seni yang tercipta dengan cara merekatkan bahan apa saja menjadi sebuah komposisi yang harmonis, sehingga mampu menghasilkan suatu kesatuan sebuah karya.

Bagi seorang seniman, membuat kolase adalah sebuah tantangan yang lebih sulit dibandingkan dengan membuat karya seni yang lainnya. Hal ini karena dalam membuat kolase, seseorang membutuhkan kreativitas, dedikasi, serta kesabaran untuk mencari serta menemukan bahan yang cocok untuk dibuat kolase.

Kolase sendiri memiliki beragam jenisnya yang terdiri dari beberapa aspek. Jadi, berikut ini adalah penjelasan mengenai jenis-jenis kolase yang perlu kamu ketahui.

Jenis-jenis Kolase

Sumber: pixabay
Sumber: pixabay

Apabila berbicara tentang jenis-jenis kolase, maka kolase sendiri terbagi menjadi beberapa aspek, yaitu dari segi fungsi, segi dimensi, segi gaya, serta segi materialnya. Setiap jenis kolase ini mempunyai penjelasan masing-masing yang berbeda-beda. Jadi, berikut ini penjelasan lengkap tentang kolase berdasarkan dengan jenis-jenisnya.

1. Kolase berdasarkan fungsi

Apabila dilihat dari segi fungsinya, maka kolase sendiri dapat terbagi lagi ke dalam beberapa jenis, yaitu seni rupa murni dan seni terapan. Seni rupa murni merupakan suatu karya seni yang dibuat oleh seorang seniman yang memiliki tujuan untuk mencapai nilai artistik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone