Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Seni Pilihan

Memahami 4 Unsur yang Terdapat pada Karya Seni Kolase

23 Januari 2023   17:50 Diperbarui: 23 Januari 2023   17:49 133
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kolase adalah salah satu jenis seni menggambar yang sangat indah. Dengan menggunakan sebuah imajinasi yang tinggi, maka seseorang pada akhirnya mampu menghasilkan banyak sekali karya seni yang pastinya menakjubkan.

Salah satu cabang dari kegiatan menggambar adalah kolase. Biasanya, seseorang kemudian akan menggambar dengan cara membuat sebuah sketsa, yaitu dengan menggunakan sebuah pensil, yang kemudian diwarnai dengan Β menggunakan pewarna.

Akan tetapi, berbeda dengan kolase, seni rupa ini juga dibuat dengan cara menempelkan sesuatu benda dengan warna tertentu, hingga pada akhirnya bisa menghasilkan sebuah gambar yang indah dan unik.

Kolase adalah karya seni rupa yang dibuat dengan cara menempelkan benda-benda pada permukaan gambar. Benda-benda yang dimaksud untuk ditempelkan menjadi kolase bisa berupa kertas, batu, biji-bijian, kain, kayu, bunga kering, daun kering, dan sebagainya.

Seluruh bahan untuk membuat kolase direkatkan di suatu bidang, sehingga bisa menyatu menjadi suatu karya yang utuh serta mempunyai nilai estetika yang tinggi. Pada proses pembuatannya, kolase adalah suatu karya seni yang membutuhkan kesabaran tinggi serta keterampilan dalam memadukan, menempel, serta menyusun bahan yang ada, sehingga bisa menjadi sebuah karya seni yang indah dan menawan.

Lantas, apa saja unsur-unsur dalam karya seni kolase ini? Berikut penjelasan lengkapnya.

Unsur-unsur Kolase

Sumber: pixabay
Sumber: pixabay
1. Titik dan bitnik

Titik sebagai suatu unit dalam unsur seni rupa yang terkecil dan tidak mempunyai ukuran lebar dan juga panjang. Sementara pada bintik adalah titik yang memiliki ukuran sedikit lebih besar. Unsur titik pada karya seni kolase ini kemudian bisa diwujudkan dari butir-butir pasir laut. Sedangkan bitnik, bisa diwujudkan dari biji-bijian yang memiliki bentuk kecil atau bisa dari lada.

2. Garis

Garis adalah suatu perpanjangan dari titik yang mempunyai ukuran yang panjang, tetapi relatif tidak memiliki lebar. Dilihat dari jenisnya, garis dibedakan lagi menjadi beberapa bentuk, ada garis lurus, garis lengkung, garis putus-putus, dan garis spiral.

Unsur garis yang ada pada kolase ini kemudian bisa diwujudkannya dari potongan-potongan korek, kawat, lidi, benang, batang, dan lain-lain.

3. Bidang

Bidang sebagai suatu bentuk karya seni rupa yang terjadi akibat dari adanya pertemuan garis. Bidang ini kemudian dibedakan juga menjadi beberapa jenis, yaitu bidang horizontal, bidang vertical, dan bidang melintang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone