Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Beauty Pilihan

11 Kebiasaan Buruk yang Memperbanyak Jerawat, Bahkan Memperparahnya!

3 Maret 2023   08:03 Diperbarui: 3 Maret 2023   08:05 41
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo by Anna Nekrashevich on Pexels

Munculnya jerawat bisa saja terjadi karena faktor hormonal. Namun, tidak menutup kemungkinan munculnya jerawat juga karena kebiasaan buruk kita dalam merawat wajah.Β 

Bahkan, bisa memperparah karena kebiasaan buruk yang memperbanyak jerawat tersebut tidak kita sadari.

Kebiasaan Buruk yang Memperbanyak Jerawat

Sebaik dan semahal apapun obat atau skincare yang kita pakai, jika masih melakukan kebiasaan buruk ini, jerawat mungkin akan sulit hilang. Jadi, kenali kebiasaan buruk yang memperbanyak berikut ini:

1. Cuci Muka Terlalu Sering

Cuci muka memang penting dilakukan untuk menjaga kebersihan kulit wajah. Jika kamu terlalu sering cuci muka justru akan membuat jerawat jadi makin parah. Hal ini karena terlalu sering mencuci kulit dapat membuat kulit menjadi kering dan semakin iritasi.

Disarankan kamu hanya perlu mencuci muka dua kali sehari, yakni di pagi dan malam harinya. Ingatlah untuk mencuci wajah Anda secara menyeluruh untuk menghindari jerawat.

2. Gosok Kulit Wajah Terlalu Keras

Menggosok kulit wajah dengan scrub terlalu menyebabkan iritasi. Selain memperburuk tekstur kulit, menggosok terlalu keras bisa mendorong tumbuhnya jerawat baru. Untuk mencegah jerawat, bersihkan dengan pembersih wajah dan air hangat.Β 

Saat mencuci muka, sebaiknya jangan menggosok wajah terlalu keras. Gunakan jari dengan lembut dan tambahkan sedikit pijatan agar kulit wajah lebih bersih dan peredaran darah merata.

3. Tidak Membersihkan Kulit yang Berkeringat

Setelah berolahraga atau aktivitas berat, kulit kamu mungkin berkeringat deras. Jangan biarkan keringat mengering di kulit. Keringat dapat menyebabkan bakteri dan sebum menumpuk di wajah Anda dan memicu jerawat.

Sebaliknya, segera mandi atau bersihkan kulit. Tujuan mandi adalah untuk mencegah bakteri dan sebum menyumbat pori-pori.

4. Memencet Jerawat

Hindari kebiasaan ini karena dapat menyebabkan peradangan jerawat semakin parah karena mendorong nanah ke dalam kulit. Selain itu, memencet jerawat dengan tangan yang kotor juga meningkatkan resiko munculnya jerawat baru.Β 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone