Mohon tunggu...
Mohammad Habil Yusuf
Mohammad Habil Yusuf Mohon Tunggu... Jurnalis - Jurnalis, Pegiat medsos, Sadar dunia luas, Luaskan pikiranmu

Semakin aku tahu, semakin tidak tahu

Selanjutnya

Tutup

Sosok

Heigel Maju Jadi Bacaleg Milenial PKB Karawang

16 Maret 2022   06:33 Diperbarui: 19 Maret 2022   18:26 598
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

DIPREDIKSI bakal jauh berbeda antara Pemilihan Umum (Pemilu) tahun lalu dan Pemilu 2024 nanti, Pemilu kali ini diprediksikan berbeda akan banyak bermunculan Calon Legislatif (Caleg) yang usianya lebih muda.

Hal ini dikarenakan pada Pemilu 2024 generasi milenial, generasi digital itulah yang akan menjadi generasi baru mewarnai kancah politik Nasional.

Oleh karena itu tidaklah heran jika seluruh partai politik yang ada sekarang,  termasuk Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), menghadirkan banyak calon anggota dewan yang berasal dari generasi milenial.

Salah satunya Mohammad Heigel Yusuf, mantan Ketua Badan Legislatif (BLM) Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika). Siang tadi didampingi istri dan sahabat relawannya datang ke kantor DPC PKB Karawang yang bermarkas di Jl. RA. Kartini No. 12, Karangpawitan, Kecamatan Karawang Barat.

"Benar, tadi sekitar jam 11 siang saya datang ke kantor DPC PKB untuk menyerahkan berkas pendaftaran menjadi Bakal Calon DPRD Karawang di Dapil 1. Melaksanakan prosedural yang telah ditetapkan partai, tanda tangan di atas materai dan melengkapi semua administrasi, selesai." Ujar Heigel kepada para wartawan saat dikonfirmasi di ruang fraksi PKB gedung DPRD Karawang. Selasa (15/03/2022).

"Yang terpenting bagi saya sudah mempunyai restu dan doa dari kedua orang tua, para sesepuh keluarga besar dan dukungan dari kolega serta para sahabat relawan," ucapnya.  

Dari jejak rekamnya, Heigel adalah aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Karawang, seorang demonstran dan dikenal juga sebagai pengamat sosial politik yang tajam.

Menurut Heigel, generasi milenial akan mengisi hiruk-pikuk dunia politik 2024. Sebabnya pada tahun 2024 itu dilaksanakan pesta demokrasi, pemungutan suara Pemilu serentak dengan sejumlah kompleksitas yang terjadi dan bisa saja tak terduga.

Resminya digelar 14 Februari 2024, Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) berbarengan dengan Pemilu Legislatif (Pileg), Pemilihan anggota DPR RI, DPRD provinsi, DPRD Kabupaten/Kota dan DPD RI. Setelah itu Pilkada memilih Gubernur, Bupati dan Wali Kota diselenggarakan serentak di seluruh daerah 27 November di tahun yang sama.

"Generasi milenial yang berusia minimum 21 tahun banyak mencalonkan diri sebagai Caleg. Selain itu dalam sejarah generasi muda Indonesia dinilai mampu membawa angin perubahan (Wind of Change). Untuk hal yang baru, khususnya sekarang ini kaum milenial yang menguasai dunia digitalisasi.

Hadirnya digitalisasi saat ini juga akan memberi gambaran dan arah terkait bagaimana kita akan menghadapi gelaran Pemilu berikutnya baik tahun 2024, apalagi 2029 dan seterusnya. Arus digitalisasi tak terbantahkan," katanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosok Selengkapnya
Lihat Sosok Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone