Mohon tunggu...
Hasna Aulia Magfiroh
Hasna Aulia Magfiroh Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi : scroll quora

Selanjutnya

Tutup

Surabaya

Mahasiswa KKN UNESA Surabaya 10 Gelar Sosialisasi Bank Sampah "Dulu Sampah, Sekarang Jadi Berkah"

23 Desember 2022   17:51 Diperbarui: 23 Desember 2022   18:31 252
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosialisasi bank sampah di Balai RW 03 (Dok. pribadi)

Mahasiswa KKN UNESA Surabaya 10  mengadakan  sosialisasi bank sampah bertema “Dulu Sampah, Sekarang Jadi Berkah". Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh ketua RW 03, ibu-ibu kader KSH, dan warga di balai RW 03 Kelurahan Made, Kamis (17/11/2022).

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada warga tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dari sampah dan cara pengelolaan bank sampah.  "Bank sampah penting untuk diadakan karena setiap hari nya sampah tiap rumah tangga bisa mencapai 1 kg", tutur ibu Umi selaku pemateri sosialisasi bank sampah. Warga yang hadir sangat berantusias dan menanyakan pertanyaan terkait mekanisme pengelolaan sampah. 

Sumber: dokumen pribadi
Sumber: dokumen pribadi

Sampah memiliki nilai jual dan sayang sekali jika dibiarkan begitu saja. "Sampah  yang dapat dikumpulkan antara lain : kardus , kresek, kaca pecah, minyak jelantah, botol, kemasan plastik" , tutur ibu umi.  Sampah-sampah tersebut dikumpulkan lalu dilakukan penimbangan yang nantinya bisa ditukar dengan uang. Warga yang hadir saat sosialisasi bank sampah diberikan fasilitas berupa buku tabungan , buku besar bank sampah, dan buku rekapitulasi penjualan sampah. 

Sumber: dokumen pribadi
Sumber: dokumen pribadi

Dengan adanya sosialisasi tentang bank sampah,  kami mahasiswa KKN berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa pengelolaan sampah yang baik dapat membawa berkah dan lingkungan sekitar menjadi bersih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Surabaya Selengkapnya
Lihat Surabaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone