Mohon tunggu...
Hendra Wattimena
Hendra Wattimena Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Pattimura

Jika ingin mencari artikel seputar dunia pendidikan, politik dan olahraga tempatnya di sini..

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Mirip tapi Tak Sama, Balada Si Roy vs Dilan 1990 Mana yang Paling Menarik?

22 Januari 2023   00:12 Diperbarui: 22 Januari 2023   00:13 196
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: https://kabarbanten.pikiran-rakyat.com/

Di awal tahun 2023 ini IDN Pictures kembali merilis filem barunya. Filem kali ini berlatar tahun 80an yang digarap oleh Fajar Nugros.

Filem tersebut bertemakan drama yang mengisahkan kehidupan seorang remaja yang sedang mencari jati dirinya, alur cerita tersebut begitu cocok dan relevan dengan kehidupan Milenial dan Gen Z saat ini. Filem tersebut yaitu Balada Si Roy.

Balada Si Roy sebelum sempat tayang di Bioskop, file ini sepmat diputar pada gelaran Jakarta Film Week pada 13 Oktober 2022, BaliMakarya Film Festival Internasional pada 18 Oktober 2022, dan Jogja-NETPAC Asian Film Festival pada 29 November 2022.

File ini diangkat dari novel karya Gol A Gong yang terkenal sejak era Tahun 1980-an. Walau berlatar tahun 80-an akan tetapi sang sutradara mampu membawa alur ceritanya secara dramatis berkaitan dengan persahabatan hinga cinta masa remaja yang sangat cocok dengan era saat ini.

Latar tempat dari cerita ini yakni berlatar Serang 80an. Fajar Nugros selaku sutradara juga menempatkan syuting di daerah yang sama.Salah satu latar tempat yang digunakan dalam proses syuting filem ini yakni SMK Setiabudhi yang  terletak di wilayah Rangkasbitung sebagai latar sekolah Roy.

Selain itu beberapa lokasi yang menjadi tempat syuting yakni di daerah Teluk Betung, serang dan juga sempat syuting di Pantai Kalianda, Lampung.

Awalnya pemeran seorang Roy hendak diperankan oleh Bio One namun kemudian berpindah menjadi Abidzar Al Ghifari yang ditunjuk sebagai pemeran utama.

Penjiwaan peran seorang Abidzar Al Ghifari memang sesuai dengan karakter seorang Roy yang begitu pemberani. Sedangkan Bio One ternyata cocok memerankan lawan atau musuh roy yakni Dullah.

Bukan hanya mereka beruda, para pemain lainya yang tak kalah jago berakting seperti Febby Rastanty, Zulfa Maharani, Sitha Marino, dan beberapa pemeran lainnya juga sudah lebih dulu terjun ke dunia perfilman dengan aktingnya yang handal.

Melihat alur cerita Balada Si Roy kita bakal teringat pada Filem Dilan.Kedua file ini sama-sama diadaptasi dari Novel Karya dua orang berbeda. Jika Balada Si Roy merupakan Karya Gol A Gong maka dilan merupakan karya dari  Pidi Baiq dengan latar tahun90-an yang dirilis pada 2014.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone