Mohon tunggu...
Malin manangguang
Malin manangguang Mohon Tunggu... Jurnalis - Lahir di pariaman, Lubuak aluang, Teluk belibi

"Secangkir kopi"

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal

DPW PKDP Kepri Melakukan Kunjungan Silaturahmi, H. Kamlis Mengajak Kembali ke Surau dalam Setiap Musyawarah Mufakat

25 Januari 2023   17:07 Diperbarui: 25 Januari 2023   17:09 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Poto bersama dpw dan dpd pkdp karimun . dokpri

DPW PKDP KEPRI, Melakukan Kunjungan Silaturahim.  H. Kamlis Mengajak Kembali ke surau Dalam setiap Musyawarah mufakat.


KETUA  DPW PKDP KEPRI dalam rangka silaturahmi dengan DPD Karimun,  beserta jajarannya, senen malam 23-1-2023 di gedung seketariat sektor 5 orari kecamatan Karimun.  Kunjungan dalam rangka konsolidasi dan silaturahmi  DPW dgn beberapa DPD PKDP Sekepulauan Riau, disambut baik oleh DPD Karimun di Gedung pertemuan Sektor 5 Orari.

Hadir dalam acara silaturahmi itu, Ketua DPD Karimun Zulmadi, H.Abdul azis ,H.kamlis dan urang tuo niniak mamak serta cerdik oandai dan ketua unit (sektor ) dan para anggota PKDP di beberapa Sektor di bumi berazam itu.
Acara yang pandu oleh seketaris DPD Abdul Afwi,  berlangsung penuh Rasa kekeluargaan dan kekompakan, dalam mendengar pendapat dan pandangan kedepan akan masa depan PKDP.

"Kita sangat mengapresiasi, langkah maju DPD Karimun,  ini belum ada di DPD lain di kepri ini. Tapi DPD Karimun sudah lebih dahulu menjalankan, sementara daerah baru sekedar wacana, " kata Dosen prilaku organisasi itu"
 Dalam memulai pembicaraan di depan para anggota yang hadir.
DPD Karimun sebagai pilot project. Patut kita acungi jempol, sebagai organisasi niniak mamak  (adat) PKDP Karimun yang sudah berdiri lebih 16 tahun dan bergabung /melebur menjadi DPD PKDP, di dua tahun ini. Banyak gebrakan yang di lakukan.
Salah satunya adalah, pengalangan dana untuk Seketariat DPD PKDP melalui anggota di enam unit (sektor ) di karimun ini.  Ini patut di contoh, oleh daerah lain (DPD ) Sebagai wujud kebersamaan di perantauan dalam menjalin rasa kekeluargaan yang kuat.
Tidak hanya Seketariat,  PKDP Karimun juga memiliki Surau yang sekarang sudah beralih menjadi masjid di bilangan sungai Lakam, Pungsi pengelolaannya melibatkan kearifan lokal (warga setempat).  ini menjadi catatan sejarah bagi anak cucu kamanakan kita di kemudian hari. " ucap Mulawarman ,

Hal yang sama juga di sampaikan oleh orang tua (niniak mamak ) H. Kamlis yang juga salah pendiri dan Penasehat DPW Kepri.  "Surau Athaibah  (pkdp) Kini sudah menjadi Masjid"  kita ingat, awak berdirinya surau, tidak terlepas dari semangat orang tua dahulu untuk menjadikan organisasi urang piaman menjadi bagian yang tak terpisahkan dari pembangunan Karimun,. Keselarasan antara orang perantau piaman dengan warga tempatan menjadi tolak ukur yang harus di junjung,  "Dima bumi di pijak,di situ langit di junjung".
 H.Kamlis juga memaparkan sejarah, awal mula surau di di bangun, yang hanya berupa bangunan rumah panggung, kemudian di rombak menjadi Surau (musollah) dengan dana patungan dari beberapa tua piaman di masa itu. Akhirnya berdirilah surau dgn nama Athaibah .
Berdirinya Surau Athaibah, di samping sebagai sarana tempat ibadah dan juga di pungsikan sebagai sarana musyawarah mufakat urang pkdp di masa itu. Termasuk juga acara acara besar islam yang adakan oleh organisasi urang piaman itu.

Seiring berjalan waktu, suraupun di kelola oleh generasi kedua, dan melakukan terobosan inovasi untuk mengubah surau menjadi masjid.  Itu juga melibatkan orang orang PKDP, sampai dari pembebasan lahan dan pembangunan. Untuk itu kedepanya marilah kita kembali ke surau (masjid) dalam setiap musyawarah dan mufakat menyangkut PKDP  "ajak H.kamlis"

Sungguhpun belakangan ini ada sedikit gesekan kurang kesepahaman antara pengurus PKDP dan orang tua, itu tidak harus menghilangkang kultur budaya kita "dari surau ,kembali kesurau" setiap musyawarah mufakat.  Itu bedanya kita dengan suku suku lain yang ada di minang kabau "Sambung penasehat DPW PKDP kepri itu".

Poto seketaris DPD dalam memandu acara. dokpri
Poto seketaris DPD dalam memandu acara. dokpri

Lawatan silaturahmi DPW PKDP Kepulauan Riau itu, di samping melakukan konsolidasi dan silaturahmi juga memberitahukan agenda agenda DPW kedepan dan juga rencana muswil Gempar /generasi muda Pariaman dan Mubes VI PKDP tgl 1-3 Maret di hotel Truntum Padang.  Dan untuk muswil gempar Rencana musyawarah Gempar mubes ke 6 di  bulan pebuari . Mengajak Gempar Karimun untuk ambil dalam musyawarah wilayah itu.

Mubes VI PKDP  nanti di bulan Maret , DPW mengutus beberapa orang termasuk juga DPD untuk ambil bagian yang terpenting dari Mubes itu, pemilihan Ketua umum dan perombakan/ penambahan ADRT salah satunya mengusulkan organisasi pemuda  (Gempar ) masuk dalam Draf ADRT nantinya serta menyampaikan aspirasi masyarakat dalam hal PKDP.  "Kata H.nurman "  
Saya selaku ketua wilayah,  tentu tidak bisa berbuat menurut pandangan saya, tapi .! Pandangan orang banyaklah yang harus saya akomodir untuk di sampaikan dalam Mubes VI nanti, Untuk itu dalam acara silaturahmi ini, kami sangat membutuhkan masukan  dari kita semua. "Sambung ketua DPW itu,  di gedung Pertemuan PKDP senen malam 23-1 di karimun kepulauan Riau.

Oleh :malin manangguang

Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone