Mohon tunggu...
Hilda Ayu Putri Nadifa
Hilda Ayu Putri Nadifa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hai, aku seorang mahasiswi yang gabut. Suka menulis, kalau menyukaimu tentu tidak mungkin

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Cinta Subuh: Film yang Islami dan Menginspirasi

20 Januari 2023   13:41 Diperbarui: 20 Januari 2023   13:56 108
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Film. Sumber ilustrasi: PEXELS/Martin Lopez

Hai, siapa nih yang sudah melihat film cinta subuh? Film ini walau sudah tidak tayang di bioskop, tetapi masih ada loh di platform aplikasi layanan video. Kalian bisa menonton film ini.

Recommend banget, ada bucinnya, ada agamisnya, dan ada quotes-quotes kehidupan. Cinta subuh ini bukan berarti si pemeran utama suka dengan cowok sehabis subuh, atau dia jatuh cinta pada saat waktu subuh.

Akan tetapi, cinta subuh menggambarkan realita kehidupan, jika mencintai seseorang harus dilihat dari akhlaknya. Akhlak dilihat dari sholatnya. Sholat subuh adalah sholat fardhu yang dilakukan pertama kali oleh umat muslim ketika mereka hendak memulai aktivitas. Apabila dia sholat subuh tepat waktu dan dilaksanakan di masjid, tentu saja perilaku kesehariannya juga akan baik.

Lalu apa saja sih makna yang bisa kita petik dalam film ini. Nih aku kasih tahu, let's go!

Memperbaiki diri

Jodoh adalah cerminan diri. Ketika kamu ingin mendapatkan jodoh yang baik, maka kamu harus memperbaiki diri. Setiap manusia memang tidak sempurna, menuntut menjadi sempurna pun juga tidak bisa. Karena manusia memiliki kelebihan dan kekurangan.

Lah terus bagaimana dong cara memperbaiki diri jika manusia bukan makhluk sempurna? Kalian bisa memulai hal-hal kecil, contohnya seperti ibadah tepat waktu, saling berbagi dan membantu sesama.

Di dalam film ini juga diceritakan bagaimana si pemeran utama Rey Mbayang yang berjuang untuk sholat subuh tepat waktu. Kenapa sholat harus menjadi patokan sih? Karena sholat adalah tiang agama. Jika tiangnya saja sudah mantab dan terbangun sempurna, tentu hal-hal lainnya juga baik.

Tetapi perlu diingat ya gais ya, jika kalian memperbaiki diri niatnya hanya untuk Allah. Jangan karena makhluk ciptaan Allah. Sebab, jika kalian memperbaiki diri demi seseorang akan sia-sia.

Ketika kalian sudah mendapatkan seseorang tersebut, bisa jadi perilaku asli kalian akan kembali atau ketika seseorang yang kalian harapkan tidak berhasil di dapat, kalian akan putus asa dan menyudahi dalam memperbaiki diri.

Meminta Langsung Kepada Wali

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone