Mohon tunggu...
ibnu januarraharja
ibnu januarraharja Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

Hidup hanya bisa dimengerti dengan melihat ke belakang, tetapi ia terus berlanjut ke depan.

Selanjutnya

Tutup

Film

Pengaruh Komunikasi Massa dalam Film The Wandering Earth

24 Januari 2023   10:57 Diperbarui: 24 Januari 2023   11:22 74
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Film. Sumber ilustrasi: PEXELS/Martin Lopez

 Film sebagai media komunikasi massa memegang peran yang sangat penting. film adalah suatu alat untuk menyampaikan berbagai pesan kepada khalayak umum melalui media cerita, dan juga dapat diartikan sebagai media ekspresi artistik bagi para seniman dan insan perfilman untuk mengungkapkan gagasan dan ide cerita yang dimilikinya. (Wibowo, 2014). 

Pesan film sebagai media bisa berbentuk apa saja tergantung misi film tersebut. Namun, sebuah film seringkali dapat mengandung banyak pesan yang berbeda, apakah itu mendidik, menghibur atau informatif. Pesan film adalah menggunakan mekanisme simbol yang hadir dalam pikiran manusia berupa isi pesan, suara, bahasa, dialog dan lain-lain.

 Film juga berlaku untuk karakter audiovisualnya, yaitu gambar dan suara yang hidup sebagai sarana yang efektif untuk menjangkau kelompok sasaran. Dengan bantuan gambar dan suara, film dapat menceritakan banyak hal dalam waktu singkat. Menonton film, penonton, bisa dikatakan, memasuki ruang dan waktu yang dapat menceritakan kisah hidup dan bahkan mempengaruhi penonton.

 Saat ini banyak sekali jenis film dengan pendekatan yang berbeda-beda, namun dapat dikatakan bahwa semua film memiliki satu tujuan yaitu menarik perhatian masyarakat terhadap permasalahan konten. Alternatifnya, film dapat dibuat untuk memenuhi kebutuhan penonton sekecil atau sebanyak mungkin.

 Sebelum masuk dalam pembahasan pengaruh komunikasi massa dalam fil "The Wandering Earth" kita akan membahas dahulu detail singkat dan sipnosis dari film ini. Film yang release pada 5 februari, 2019 "The Wandering Earth" film ini merupakan adaptasi dari novel, dari cerita yang di novel dan film tidak semuanya sama. Singkat besar, film ini bercerita tentang mati nya matahari yang menyebabkan uap panasnya yang menyembur ke bumi. Oleh karena itu, semua negara Bersatu untuk membuat pendorong bumi agar dapat keluar dari tata surya tersebut dan mencari tata surya yang baru.

 Singkat cerita, Saat Matahari mati, orang-orang di seluruh dunia membangun pendorong planet raksasa untuk menghilangkan orbit Bumi dan berlayar ke sistem bintang baru Bumi. Namun perjalanan 2.500 tahun membawa bahaya yang tak terduga, dan untuk menyelamatkan umat manusia, sekelompok anak muda akan berjuang keras demi kelangsungan hidup umat manusia di dunia yang mengembara ini. 

Matahari sedang sekarat. Segera matahari yang terbakar akan menelan bumi. Untuk menyelamatkan peradaban manusia, para ilmuwan membuat rencana pelarian yang akan memusnahkan seluruh umat manusia. Dengan bantuan ribuan pendorong IV, planet Bumi muncul dari tata surya dan memulai perjalanan 2500 tahun untuk mengorbit sebuah bintang berjarak 4,5 tahun cahaya.

 Dalam waktu dekat, ketika Matahari yang menggembung mengancam semua kehidupan di Bumi, pemerintah bersatu untuk melaksanakan rencana ambisius: membangun ribuan pendorong raksasa di tanah untuk mendorong planet kita keluar dari tata surya. 

Mereka menyebutnya "Project Wandering Earth". 17 tahun kemudian, rencana tersebut berada dalam bahaya bencana kegagalan saat Bumi bergerak di dekat Jupiter. Dengan waktu tersisa hanya 37 jam, tim penyelamat bergegas menyelamatkan Bumi dari tabrakan dengan Jupiter. Seorang pria muda, Liu Qi, saudara perempuannya, dan kakeknya secara tidak sengaja terlibat dalam misi penyelamatan terbesar dalam sejarah ini. Bersama-sama, mereka akan menghadapi banyak kesulitan di sepanjang jalan, mereka akan mengunjungi kembali masa lalu mereka, dan mereka akan merasakan keputusasaan dan harapan. Ini adalah kisah tentang menyatukan semua manusia untuk menghadapi tantangan besar, tentang perasaan yang kuat antara ayah dan anak, dan yang terpenting, tentang harapan dalam keputusasaan.

 Bertahun-tahun kemudian, ketika matahari berada dalam bahaya menua dan akhirnya meledak, orang-orang di bumi membuat beberapa mesin untuk melarikan diri ke bintang tetangga. Namun, ketika bumi berlayar ke Jupiter, karena beberapa kegagalan, bumi tidak dapat lepas dari gravitasi Jupiter. Pahlawan, ayah Liu, bekerja di stasiun luar angkasa. Ketika dia menemukan bahwa ledakan stasiun luar angkasa dapat memicu gas Jupiter, dia mengemudikan stasiun luar angkasa tersebut untuk menyalakan Jupiter.

 

  • Kognitif

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone