Mohon tunggu...
Ibnu Muslim.
Ibnu Muslim. Mohon Tunggu... Guru - Kepala keluarga

Kepala sekolah

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Mencari Bibit Tanaman Gratis

26 Januari 2023   06:07 Diperbarui: 26 Januari 2023   06:29 82
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Maros, 26 Januari 2023

Sahabat literasi yang sama-sama punya hobi. Semoga anda sehat walafiat dan tetap semangat berliterasi. Kemarin saya pergi ke  Balai Pembenihan Tanaman Kementerian Kehutanan yang berada di Desa Semanggi Kecamatan Simbang Kabupaten Maros Provinsi Sulawesi Selatan. Tepatnya di Jalan Poros Maros - Bone 14 km dari Kota Maros. 

Sesuai Program Gubernur Andalan, setidaknya ada 4 program prioritas di sekolah. Ke empat program tersebut yakni : SulselSmartSchool, Penghijauan Lingkungan, Literasi Kitab Suci dan Kebersihan Lingkungan. Berhubung karena adanya perpindahan peserta didik yang belum menanam pohon di SMA PGRI Bantimurung maka saya berusaha mencarikan bibit tanaman penghijauan.

Setelah sampai di tempat pembibitan saya memilih bibit yang cocok. Bibit yang sekiranya cocok saya suruh tanam di sekolah adalah bibit jambu biji. Nasrullah dan salah satu pegawai di balai tersebut menerima saya dengan sopan dan ramah. Mereka mengajak berbincang bincang mengenai program penghijauan lingkungan termasuk lingkungan sekolah. 

Beliau sempat berkunjung ke sekolah tempat saya mengabdi tahun 1993-2015 yakni di SMP 15 Simbang. Di sekolah mereka bertanya tentang program penghijauan. Beberapa karyawan sekolah tersebut menyebut saya sebagai orang yang rajin melakukan penanaman berbagai pohon, dan sekarang sudah dinikmati hasilnya, bersyukur  saya mendengar  hal itu.

Kali ini saya ingin menggerakan lagi menanam pohon di SMA PGRI Bantimurung, namun lahan terbatas. Saya hanya minta bibit jambu biji 5 pohon dan bibit mahoni 10 pohon. Bibit tananam jambu biji ditanam di lingkungan sekolah dan rumah. Sedangkan bibit mahoni ditanam di pinggir jalan Poros Maros _Bone sebelah utara lapangan sepakbola Pakalu. Saya hanya meminta sejumlah itu mengingat peserta didik saya yang belum menanam hanya sekitar 15 orang.

Untuk tanaman buah-buahan saya memilih lokasi di sekolah dan rumah PTK dan peserta didik. Sedangkan untuk tanaman mahoni saya memilih lokasi di luar sekolah karena lahan sekolah sempit. Selain itu beberapa tanaman di pinggir jalan sudah banyak yang mati

Anda ingin bibit tanaman gratis ? silahkan datang ke Balai Pembibitan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemenhut) ) yang ada di Desa Semanggi tersebut. Bagaimana jika anda bertempat tinggal di luar daerah tersebut. Saya yakin Kemenhut punya lokasi di setiap kabupaten / provinsi bisa anda cari di google. 

Dokpri
Dokpri

Bibit jambu biji ini dan bibit tanaman yang lain bisa diminta secara gratis, anda tinggal mengisi formulir dan menyetor fotocopi KTP atau identitas yang lain. Selamat mencoba semoga bermanfaat (IM).

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone