Mohon tunggu...
Iis Widia
Iis Widia Mohon Tunggu... Penulis - Pegawai Swasta, Mahasiswa

Halo, saya suka berbincang dan berbagi keseruan mengenai banyak hal. Get in touch, @iiswidiaa on Instagram.

Selanjutnya

Tutup

Beauty Pilihan

Efek Begadang Mempengaruhi Daya Tarik

2 Maret 2023   10:49 Diperbarui: 2 Maret 2023   11:14 97
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Begadang boleh saja, kalau ada perlunya", begitulah ungkapan dari lirik lagu yang kerap kali terdengar. Begadang menjadi hal yang sangat lumrah terjadi di berbagai kalangan khususnya mahasiswa dan para pekerja. Deadline yang menumpuk, lifestyle yang tidak terorganisir dengan baik, bahkan gangguan terkait psikologis sering menjadi alasan mengapa kebanyakan orang begadang

Sudah menjadi rahasia umum bahwa begadang memiliki efek yang buruk. Namun tidak hanya berdampak pada kesehatan, loh! Begadang juga berdampak buruk pada penampilan yang berimbas pada kurangnya daya tarik orang lain terhadap kita. Wah, mengapa bisa begitu? Yuk, simak beberapa hal ini:

1. Kantung Mata yang Menghitam

Mata panda yang ditimbulkan dari begadang tentu sangat mengganggu penampilan kita terlebih untuk kaum hawa yang sering kali harus memiliki waktu lebih untuk menutupi bagian ini dengan concealer. Kantung mata ini disebabkan oleh aliran darah yang tidak menyebar dengan baik di area bawah mata. Serta kulit yang tipis juga jadi penyebabkan area tersebut terlihat menghitam. Hal ini cukup membuat wajah kita terlihat kurang menarik, bukan?

2. Wajah Terlihat Pucat

Kualitas tidur yang tidak baik berpengaruh pada aliran darah di dalam tubuh kita. Tubuh yang kekurangan istirahat ini akan menghambat produksi sel darah merah dalam tubuh yang memicu hipotensi pada beberapa kasus. Hal ini yang kemudian menjadi penyebab mengapa muka pucat setelah begadang. 

3.  Terlihat Lesu 

Berkaitan dengan poin di atas, kurangnya waktu tidur juga mempengaruhi keaktifan kita dalam beraktivitas yang menyebabkan kita terlihat lesu dan tidak bersemangat dengan apa yang sedang dikerjakan. Sehinga beberapa orang menjadi malas berinteraksi dengan orang yang terlihat lesu karena dianggap kurang menarik, loh!

4. Sulit Fokus dan Mudah Marah

Selain berdampak secara fisik, begadang juga mempengaruhi emosional. Orang yang sering begadang akan sulit fokus dan mudah marah. Ini terjadi karena hormon yang tidak seimbang serta efek psikologis yang diakibatkan dari begadang. Kurang cepat tanggap dan tidak bisa mengelola emosi dengan baik akan membuat orang kesal berinteraksi dengan kita tentunya, dan hal inilah yang menyebabkan kurangnya daya tarik orang lain terhadap kita. 

Sumber: Pexel.com
Sumber: Pexel.com

Itulah beberapa alasan mengapa begadang dapat mempengaruhi daya tarik orang lain terhadap kita. Tentu masih banyak faktor di luar poin di atas yang dapat mempengaruhi hal tersebut. Alih-alih membangun realasi dan berkenalan dengan orang baru, ternyata malah memunculkan image yang negatif hanya karena kita sering begadang. Duh, jangan sampe, ya!

Yuk, kelola kesibukan dengan baik dan terapkan pola tidur yang sehat agar kita terhindar dari 5 hal tadi. 


Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone