Mohon tunggu...
Ikrom Zain
Ikrom Zain Mohon Tunggu... Tutor - Content writer - Teacher

Hanya seorang pribadi yang suka menulis | Tulisan lain bisa dibaca di www.ikromzain.com

Selanjutnya

Tutup

Surabaya Pilihan

Mempertanyakan Kesiapan Operasional Bus Listrik Surabaya Rute MERR

20 Desember 2022   16:13 Diperbarui: 20 Desember 2022   16:32 431
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bus Listrik yang digunakan untuk KTT G20 akan mengaspal di Surabaya. - Sumber: Tempo

Pengguna transportasi umum di Kota Surabaya dikejutkan dengan berita pemberhentian operasional Suroboyo Bus rute MERR.

Berita ini sebenarnya sudah saya dengar saat naik Suroboyo Bus pagi hari di tanggal 18 Desember 2022. Saat itu, ada kondektur Suroboyo Bus yang berbicara dengan rekannya dan mengatakan bahwa mulai Senin, 19 Desember 2022, Suroboyo Bus tak lagi melayani penumpang rute MERR. MERR sendiri adalah wilayah di Surabaya dan Sidoarjo yang dilewati Jalan Lingkar Dalam Timur (Surabaya Middle East Ring Road). 

Beberapa saat kemudian, muncul informasi dari media sosial Suroboyo Bus bahwa rute tersebut akan dilayani oleh Trans Semanggi Surabaya. Jadi, Suroboyo Bus menyerahkan rute tersebut kepada Trans Semanggi. Praktis, saat ini Suroboyo Bus hanya melayani 2 rute setelah sebelumnya rute Unesa-ITS juga diambil alih oleh Trans Semaggi.

Anehnya, setelah pemberitahuan tersebut, belum ada informasi dari Trans Semanggi Surabaya mengenai pergantian operator. Bahkan dari pihak Teman Bus selaku pihak yang menaungi Trans Semanggi juga tak memberi informasi lebih lanjut. Publik pun bertanya-tanya, bagaimana teknis pengopersian rute tersebut? Bagaimana skema pembayarannya? Jalan mana saja yang dilewati oleh rute tersebut?

Pemberhentian layanan rute MERR. - Sumber: Suroboyo Bus
Pemberhentian layanan rute MERR. - Sumber: Suroboyo Bus

Berbagai pertanyaan pun muncul. Hingga kemudian pihak Trans Semanggi Surabaya mengatakan bahwa rute tersebut bukan merupakan kewenangannya. Sontak, jawaban ini membuat banyak publik bingung. Lantas, siapakah operator yang akan menjalankan rute tersebut?

Dari sumber yang beredar, operator rute tersebut adalah Damri lantaran bus yang digunakan untuk melayani adalah bus listrik. Bus ini merupakan bantuan dari Kemenhub yang baru saja digunakan untuk mengangkut para penumpang pada KTT G20 di Bali kemarin. Rencanaya, ada sekitar 34 unit bus yang akan digunakan untuk rute BRT di Surabaya.

Jawaban dari pihak Trans Semanggi Surabaya terkait pengoperasian bus listrik. - Dok. IG Trans Semanggi
Jawaban dari pihak Trans Semanggi Surabaya terkait pengoperasian bus listrik. - Dok. IG Trans Semanggi

Direktorat Jendral Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan telah melakukan mekanisme kontrak kerja sama dengan DAMRI untuk operasional bus listrik ini. Jadi, kewenangan rute MERR dan beberapa rute lain yang akan menggunakan bus listrik menjadi kewenangan DAMRI bersama Kemenhub. 

Sementara, Trans Semanggi Surabaya dikelola oleh PT Seduluran Bus Suroboyo yang juga berkontran dengan Dirjenhubdat Kemenhub. Artinya, ada tiga operator yang menjalankan transportasi umum BRT di Surabaya, yakni Pemkot Surabaya (Suroboyo Bus), PT Seduluran Bus Suroboyo (Trans Semanggi), dan DAMRI (rute bus listrik).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Surabaya Selengkapnya
Lihat Surabaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone