Mohon tunggu...
Ilham Fabian E
Ilham Fabian E Mohon Tunggu... Lainnya - Hanya seorang Mahasiswa yang tidak tau tujuan hidupnya akan kemana

Hobiku hanyalah menikmati hidup dengan cara apapun walaupun kegiatanku adalah kegiatan musiman dan akan menjadi bosan setelahnya

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Mendaki Gunung adalah Hobi Pasaran?

18 Januari 2023   18:36 Diperbarui: 18 Januari 2023   18:44 52
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Banyak yang menanyakan “ngapain sih mendaki gunung?, kayak gak punya kerjaan aja udah capek gak dapet apa apa”, bagi beberapa orang mendaki gunung itu adalah hal yang menyusahkan dan hanya menguras tenaga saja, tetapi bagi penikmat petualangan dan memang suka dengan pemandangan di alam merupakan kesenangan tersendiri yang tidak dapat digantikan dengan apapun karena dengan mendaki gunung kita jadi bisa lebih bersyukur dengan ciptaan tuhan dan sebagai pelepas stress.

Mendaki gunung bagi beberapa orang adalah hobi yang pasaran dan datang hanya karena musim tertentu atau hanya ingin ikut ikutan dan tidak ada persiapan apapun, menurut Dani anak yang berasal dari Kota Malang ini mengatakan bahwa ndaki gunung merupakan kesempatan yang luar biasa dan sebagai salah satu pengalaman yang berharga apalagi jika dilakukan dengan teman atau kerabat terdekat, karena dengan mendaki gunung kita jadi bisa lebih menemukan diri kita sendiri dan menguji mental serta tenaga yang kita miliki, tidak hanya itu dengan mendaki kita jadi tau sifat terpendam kita maupun sifat dari teman yang kita tidak tahu.

Untuk saat ini memang banyak pendaki dadakan yang melakukan hobi ini karena ngetren atau hanya ikut ikutan dan inilah hal yang berbahaya dari hobi yang menguras banyak hal seperti uang, tenaga dan waktu. Dengan ketidaktahuan bisa membahayakan karena kita berbicara mengenai bertahan hidup, apalagi bertahan hidup di alam liar meskipun masih banyak yang menelusuri tempat tersebut tetapi dengan ketidaktahuan maka harus lah ada edukasi lebih mengenai ini.

Dari banyaknya gunung yang di daki oleh Dani, semua gunug memiliki kesan tersendiri apalagi gunung yang mengitari daerah tempat tinggalnya yaitu Malang, gunung gunungnya seperti gunung Panderman, Buthak, Bromo dan lain lain memiliki ciri khas tersendiri yang membuat mendaki gunung merupakan hobi yang luar biasa.

Semua hal itulah yang yang menggambarkan bahwa meskipun hobi ini banyak yang bilang pasaran, tetapi jika tidak paham dan tidak tahu akan hobi ini serta hanya ikut ikutan maka yang ada hanyalah marabahaya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone