Mohon tunggu...
SERIKAT PERS
SERIKAT PERS Mohon Tunggu... Jurnalis - Media Publik Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI) Sulawesi Selatan

Media Umum SPRI Sulsel

Selanjutnya

Tutup

Palembang

Pussenkav Gelar Latihan Manuver Menembak Senjata Ranpur Terintegrasi TA. 2022

16 November 2022   07:02 Diperbarui: 16 November 2022   07:18 86
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Program Latihan Pussenkav yakni Latihan Manuver Menembak Senjata Ranpur Terintegrasi Tahun 2022 (dok. Kav) 

Editor : Iman Sadewa Rukka

Pusat Kesenjataan Kavaleri (Pussenkav) menyelenggarakan Latihan Manuver Menembak Senjata Ranpur Terintegrasi Pussenkav TA 2022, kegiatan tersebut dalam rangka membina kemampuan dan meningkatkan taktik tempur satuan Kavaleri secara terorganisasi. Latihan ini  dilaksanakan pertama kalinya yang di daerah kawasan latihan Puslatpur Kodiklatad Baturaja Kab. Oku Timur, Sumatera Selatan, Senin (14/11/2022) lalu.

Penyelenggaran Latihan Manuver tersebut diikuti 5 (Lima) satuan yang berada dijajaran Korps Kavaleri antara, Batalyon Kavaleri 5/Dwi Pangga Ceta, Batalyon Kavaleri 1/Badak Ceta Cakti, Batalyon Kavaleri 9/Satya Dharma Kala,
Kompi Kavaleri 1/Elang Setia Cakti dan Kompi Kavaleri 5/Graha Ceta Cakti. Berbagai Alutsista kendaraan tempur andalan Korps Kavaleri dikerahkan dalam latihan tersebut diantaranya Ranpur Leopard kaliber 120 MM, Ranpur Scorpion kaliber 90 MM, Ranpur AMX-13 kaliber 105, Ranpur Badak kaliber 90 MM. dan Anoa kaliber 12.7 MM.

Danpussenkav Mayjen TNI Yanuar Adil. dalam pengarahannya di acara puncak sekaligus menutup latihan (dok Kav) ni saat memberikan motivasi
Danpussenkav Mayjen TNI Yanuar Adil. dalam pengarahannya di acara puncak sekaligus menutup latihan (dok Kav) ni saat memberikan motivasi

Komandan Pusat Kesenjataan Kavaleri,(Danpussenkav), Mayjen TNI Yanuar Adil. dalam pengarahannya di acara puncak sekaligus menutup latihan ini saat memberikan motivasi kepada para seluruh personil penyelenggara dan latihan bahwa medan yang digunakan di daerah latihan Puslatpur Kodiklatad Baturaja ini lebih memberikan ruang gerak yang leluasa untuk bermanuver khususnya bagi kendaraan tempur tank dan panser Kavaleri.

Mayjen TNI Yanuar Adil melanjutkan dengan demikian latihan ini dapat dimaksimalkan dengan pengembangan taktik dan teknik bagi satuan jajaran Batalyon dan Kompi Kavaleri yang ikut secara langsung dalam pelaksanaan latihan ini, seperti yang tergambar jelas bagaimana kolaborasi manuver Ranpur dalam hubungan tingkat Brigade Kavaleri dengan diakhiri menembak senjata Ranpur kanon ke sasaran Ranpur dan lesan secara tepat dan akurat, sehingga prajurit Kavaleri setiap saat siap untuk diberangkatkan tugas operasi," jelas Jenderal Bintang Dua yang meruoakan Abituren Akmil 1988.

Program Latihan Pussenkav yakni Latihan Manuver Menembak Senjata Ranpur Terintegrasi Tahun 2022 ini adalah Instruksi dari Komando yang dikhususkan untuk pasukan Kavaleri untuk lebih adaptif terhadap modernisasi pemanfaatan Alutsista, penerapan aplikasi Battlefield Management Sistem (BMS) serta kedepannya mampu melaksanakan tuntutan tugas-tugas yang semakin kompleks.

Dalam kesempatan tersebut Letjen TNI (Purn) H. Lodewijk F.P dan Dankodiklatad Letjen TNI Ignatius Yogo Triyono  turut hadir dan ikut memberikan apresiasinya atas terlaksananya penyiapan latihan tersebut yang diselenggarakan oleh Pussenkav. Selain itu beberapa pejabat di lingkungan TNI AD ikut hadir antara lain Danpussenif, Aslat Kasad, Danpussenarmed, Danpuslatpur, Ir. Pussenarhanud, Kabaranahan, Sesditjen Kuathan, Irjenad, Dircabpuspalad, Dircabpushubad, Danrem 044/Gapo, Kadislaikad, Asisten I Pemda Oku dan seluruh Dansatkav serta Taruna Akademi Militer dari kecabangan Kavaleri.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Palembang Selengkapnya
Lihat Palembang Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone