Mohon tunggu...
Imaroh Alawiyah
Imaroh Alawiyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Hubungan Internasional, Universitas Jember

Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Jember 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perkembangan Ekonomi Digital di Indonesia

19 Maret 2023   21:26 Diperbarui: 19 Maret 2023   21:29 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Source: www.pwc.com

Globalisasi merupakan penyebarluasan segala aspek ilmu secara menyeluruh ke penjuru dunia. Dengan adanya kemajuan dalam berbagai bidang menyebabkan penyebarluasan ilmu dalam bidang tersebut. Berkembangnya ilmu secara global dan mendunia dapat membuat aktivitas manusia menjadi lebih mudah. Adanya kemudahan bagi manusia dalam menjalani hidupnya akan membuat peningkatan taraf hidup manusia lebih berkualitas.

Globalisasi ekonomi berarti sebuah peningkatan dalam aspek ekonomi baik ekonomi nasional maupun internasional. Globalisasi ekonomi ini berkaitan dengan keuangan, pasar, dan tenaga kerja. Globalisasi ekonomi setelah terjadinya pandemi Covid-19 membuat perkembangan ekonomi digital semakin maju di Indonesia. Kemajuan ekonomi digital yang ada di Indonesia membuat pertumbuhan ekonomi negara menjadi semakin maju hingga sekarang.

Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu fokus bagi suatu negara. Ini merupakan salah satu tujuan sebuah negara yang bersifat jangka panjang. Ada beberapa hal yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi suatu negara. Salah satu faktor tersebut adalah transformasi teknologi yang semakin berkembang. Teknologi dikatakan cukup berperan besar dalam kemajuan ekonomi. Hal ini dapat disebut dengan digitalisasi ekonomi.

Selama terjadinya pandemi Covid-19 pada tahun 2020 lalu pemerintah mengurangi pergerakan kegiatan di luar rumah, dan sepenuhnya mengubahnya menjadi online daring atau dalam jaringan. Hal ini awalnya ditujukan untuk mencegah penularan virus Covid-19 dan mengurangi angka kematian terkait infeksi virus Covid-19. Dengan pemaksimalan kegiatan daring ini menjadikan segala aktivitas akhirnya dilakukan dengan melalui internet termasuk jual beli.

Saat pandemi Covid-19 terjadi, masyarakat mau tidak mau mengikuti arus digitalisasi dalam bidang apapun mulai dari ekonomi, pendidikan, dan lain-lain. Masyarakat terpaksa untuk tergabung dalam aktivitas digital dan harus bergantung dengan internet untuk dapat melanjutkan aktivitas mereka.

Peralihan transaksi yang awalnya dilakukan secara langsung menjadi daring atau dalam jaringan ternyata membawa banyak perubahan. Dengan adanya peralihan aktivitas tersebut akhirnya masyarakat menjadi bergantung pada pasar online dan terbiasa berbelanja dengan E-commerce

Ekonomi digital dianggap sebuah bidang yang memiliki prospek menjanjikan kedepannya. Bagi Indonesia sendiri digitalisasi ekonomi makin meningkat, dan perkembangan ekonomi digital di Indonesia sangat berdampak positif bagi perkembangan ekonomi nasional. Peningkatan di bidang ekonomi digital di Indonesia semakin meningkat. Ini dibuktikan dengan meningkatnya pengguna internet di Indonesia terlebih setelah terjadinya pandemi Covid-19. Konsep ekonomi digital mendapat perhatian dari pemerintah karena bentuk dari penerapan new economy yang mengarah ke bidang jual beli barang dan jasa dengan perantara internet.

Menurut data transaksi E-commerce terjadi peningkatan yang singnifikan setiap tahunnya. Ini menjadi bukti bahwa perkembangan ekonomi digital di Indonesia menjadi sangat meningkat dan tingkat ketergantungan pada E-commerce. Ekonomi digital dianggap sebagai roda penggerak yang penting bagi masyarakat dan negara.

Di Indonesia sendiri pemerintah juga melakukan beberapa upaya untuk mendukung adanya digitalisasi ekonomi untuk menciptakan The new economy. Upaya-upaya yang telah dilakukan pemerintah antara lain adalah memberikan jaminan perlindungan keamanan https://www.kompasiana.com//imarohalawiyahh/64171b9c08a8b526ac229632/perkembangan-ekonomi-digital-di-indonesia dalam transaksi elektronik untuk menciptakan rasa aman masyarakat dalam bertransaksi. 

Kemudian pemerintah juga membuat sebuah sistem yang dinamakan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik yang tertuang jelas pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia No. 5 Tahun 2018. Kemudian pemerintah juga mendorong gerakan berjualan online pada masyarakat, ini ditujukan agar pelaku-pelaku bisnis di Indonesia memiliki daya saing dengan produk luar negeri. Lalu pemerintah Indonesia juga mulai membangun infrastruktur teknologi seperti proyek jaringan data secara merata.

Perkembangan ekonomi digital membawa pengaruh positif bagi masyarakat maupun negara. Adanya platform digital yang semakin maju dapat memaksimalkan kegiatan promosi dan mempermudah transaksi jual beli. Ekonomi digital mengubah pola bisnis yang sebelumnya tradisional menjadi modern. Dengan adanya ekonomi digital setiap orang dapat mengakses pasar online baik di luar maupun di dalam negeri. Digitalisasi ekonomi mengubah bentuk pasar menjadi fleksibel. Pasar digital berperan untuk menghapus perantara, jadi antara penjual dan pembeli barang dan jasa dapat berinteraksi online secara langsung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone