Mohon tunggu...
imroatul hamidah
imroatul hamidah Mohon Tunggu... Desainer - saat ini saya bekerja sebagai freelancer

saya adalah seorang freelancer yang sangat menyukai membaca. saya menyukai ide-ide dan hal baru untuk dipelajari.

Selanjutnya

Tutup

Parenting

12 Cara Ampuh Atasi Kecanduan HP pada Anak

26 Januari 2023   12:00 Diperbarui: 26 Januari 2023   12:06 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Di jaman milenial ini hampir semua orang memiliki gadget/hp, bahkan anak dibawah umur dan balita pun sekarang sudah banyak yang memilikinya. Terkadang ada rasa gengsi apabila tidak memiliki gadget, sehingga gadget sudah seperti keharusan untuk dimiliki. Padahal tanpa gadget pun kita masih bisa menjalankan hidup dengan baik, walau memang kita akan mengalami sedikit hambatan dalam berkomunikasi jarak jauh. Perasaan takut dibilang ketinggalan jaman kalau tidak memiliki gadget dan tidak bisa mengoperasikan gadget membuat orang jadi mewajibkan diri untuk memilikinya. Hingga kita tidak sadar bahwa banyak sekali dampak negatif yang kita dapatkan jika kita salah dalam memanfaatkan gadget, salah satunya dampak pada anak yang terlalu dini bermain gadget.

Nah, dibawah ini ada solusi bagi orang tua yang anaknya mengalami kecanduan gadget/hp

1. Beri pengertian tanpa menggunakan amarah dan kekerasan

Mendidik anak memang butuh banyak kesabaran, kita harus memperlakukannya dengan lembut namun tegas. Jika kita menggunakan amarah atau kekerasan seperti cubitan dan pukulan, maka itu akan membuat anak semakin memberontak. Mungkin ada anak yang akan patuh jika dimarahi/dikasari, namun kita tidak tahu apa yang ada dalam hati anak.

2. Buat aturan dan kesepakatan dalam penggunaan gadget

Sebelum memberikan gadget pada anak, buatlah aturan dan kesepakatan dengan anak mengenai waktu dan durasi penggunaan ponsel. Hal ini juga mengajarkan sikap tanggung jawab pada anak.

Misalkan, boleh menggunakan gadget setelah selesai belajar dengan durasi tidak lebih dari 1 jam. Setelah itu anak harus istirahat dari gadget, dengan memberi pengertian bahwa terlalu lama menggunakan gadget tidak baik untuk kesehatan.

3. Orang tua memberi contoh yang baik dalam penggunaan gadget

Anak adalah peniru yang baik, maka dari itu kita harus berhati-hati dalam bertindak dan berbicara. Jika kita memberi peraturan pada anak dalam penggunaan gadget, maka peraturan tersebut juga berlaku untuk kita. Hal itu agar anak tidak merasa diperlakukan tidak adil.

4. Jangan bermain gadget di depan anak

Anak mudah tertarik dengan apa yang dipegang orang lain, maka dari itu hindari bermain gadget saat bersama anak agar anak tidak minta bermain gadget.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone