Mohon tunggu...
indri wahyunia
indri wahyunia Mohon Tunggu... Guru - Guru

Hobi menulis, konten hiburan, travelling, kuliner

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Belajar Mandiri bersama PMM

25 Januari 2023   23:40 Diperbarui: 25 Januari 2023   23:41 41
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Peningkatan kompetensi seorang guru merupakan hal yang wajib. Hal tersebut untuk menjawab tantangan zaman yang semakin deras perubahannya. Masa sekarang sangat banyak kesempatan untuk meningkatkan kompetensi guru, baik itu program peningkatan kompetensi secara online maupun offline. Hal utama yang dibutuhkan  adalah keinginan, niat yang tulus, dan tekad sungguh-sungguh untuk belajar atau peningkatan kompetensi secara mandiri. 

Kehadiran kurikulum merdeka sebagai salah satu usaha pemerintah untuk menanggulangi loss learning selama pandemi dan juga ikhtiar percepatan pembangunan bidang pendidikan harus direspon dengan cepat. Platform Merdeka Mengajar (PMM) adalah terobosan baru yang dilaksanakan jajaran mas Menteri untuk sosialisasi dan pemantapan materi dan contoh implementasi kurikulum merdeka. 

Platform Merdeka Mengajar (PMM) dapat diakses dengan mudah oleh semua guru di Indonesia. Cara mengaksesnya dengan menggunakan akun belajar. id. Aplikasi  Platform Merdeka Mengajar dapat diakses menggunakan perangkat android atau laptop . 

Materi yang disajikan pun sangat menarik dan padat. Guru-guru dapat memahami kurikulum merdeka melalui aplikasi PMM ini. Penjelasan materi dijelaskan melalui video disertai slide yang tampilannya sangat menarik dan mudah dipahami. Selain itu, pada aplikasi ini diberikan modul-modul pelengkap materi yang dapat diunduh dengan mudah. Selain itu ada fitur berbagi aksi nyata. Fitur aksi nyata ini diisi praktik baik tentang kurikulum merdeka yang telah diaplikasikan di sekolah masing-masing dari guru-guru se-Indonesia. Diakhir topik setelah kita melaksanakan aktivitas pelatihan mandiri, kita akan mendapat sertifikat yang dapat kita manfaat untuk naik tingkat. 

Mari kita pacu semangat kita untuk terus belajar, belajar, belajar, praktik baik, dan berkarya. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone