Mohon tunggu...
Irgiawan AdityaRangga
Irgiawan AdityaRangga Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar/mahasiswa

Pribadi yang kreatif dan memiliki semangat, mampu bekerja dalam tim maupun individu dengan hobi menyanyi, menulis dan ber theater.

Selanjutnya

Tutup

Seni Pilihan

National Costume sebagai Ajang Promosi Budaya

17 Januari 2023   08:01 Diperbarui: 17 Januari 2023   08:05 75
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Seni. Sumber ilustrasi: Unsplash

Modal dalam membangun pasar dagang pastinya sangat diperlukan dalam dunia kreatif ekonomi, setiap peluang yang muncul menjadikan ekonomi menjadi semakin meningkat di dunia pasar terlebih jika kita menilik keberagaman budaya yang negara kita miliki, bukan hanya sebatas tari-tarian, nyanyian atau artefak lainnya namun juga keberadaan budaya semakin hari semakin berkembang keunikannya mulai dari makanan, teknologi dan masih banyak lagi termasuk pakaian.

Ada slogan yang mengatakan "Tanah keragaman, tanah peluang", slogan ini sudah di wujudkan oleh negara kita tercinta indonesia, yang mana bisa indonesia buktikan sekarang ini sudah memiliki peningkatan yang pesat dibidang bisnis salah satunya pada sektor budaya. 

Baru-baru ini kita semakin banyak melihat prestasi indonesia di kancah nasional bahkan internasional bukan Cuma itu indonesia juga sudah banyak meraih penghargaan di setiap kontes yang melibatkan kebudayaan didalamnya, maka dari itu slogan di atas sudah bisa menggambarkan betapa kayanya indonesia dalam memanfaatkan keberagaman yang ada.

Dalam dunia kompetisi indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki keunikan dan banyak diminati, salah satunya pada ajang kecantikan. Dalam waktu dekat ini indonesia pun turut serta dalam ajang miss universe yang mana telah bangga membawakan kostum nasional  bertajuk pada kemaritiman indonesia, dengan hal itu ajang yang diikuti oleh indonesia dan 72 finalis negara lainnya telah memberikan gambaran peluang besar dalam meningkatkan karya kebudayaan untuk lebih memiliki daya saing yang kuat di kancah global.

Jika kita bandingkan dengan hal lain apakah produk pakaian juga bisa di nilai memiliki promosi? Jawabannya sudah pasti iya, karena melalui hal inilah indonesia bisa mengenalkan keberagaman budaya dan banyaknya wujud budaya indonesia ke kancah dunia, karena banyak dari orang-orang mancanegara mungkin masi belum mengetahui potensi kebudayaan yang dimiliki indonesia. 

Busana yang di pentaskan pun pasti memiliki nilai dan arti yang kaya budaya seperti dimaksudkan bahwa busana itu perwujudan kreatif manusia, bisa dimodifikasi melalui ide-ide yang ada di lingkungan sekitar seperti benda-benda bersejarah, makanan, kekayaan alam dan masih banyak lagi.

Dengan adanya ajang-ajang yang bertajuk pada kebudayaan inilah peluang bisa datang dari mana saja, para designer indoneisa pun banyak yang menjadi sorotan sehingga tidak sedikit dari para designer indonesia yang juga ikut terpanggil dalam membuat karya di belahan dunia, ini menjadikan design indonesia semakin berdaya saing dan para designer nya pun pasti akan semakin digemari karyanya maka tidak bisa di pungkiri bahwa ini memberikan dampak baik bagi para pemburu ekonomi khususnya pelaku budaya.

Dengan adanya tulisan ini, penulis berharap bahwa nantinya setiap ajang yang di ikuti oleh indonesia pastinya akan semakin menarik minat terlebih bagi generasi yang sudah semakin luntur budaya tradisionalnya, serta serat akan sejarah nya karena pada kenyataannya nilai kebudayaan sekarang ini sudah mulai luntur dan harus kita lahirkan kembali sebagai kebudayaan yang bisa mengakulturasikan tradisionalitas dan modernisasi,sehingga budayanya akan bersifat terbarukan namun tidak menghilangkan keasliannya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone