Mohon tunggu...
Irsyal Rusad
Irsyal Rusad Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Internist, FK UGM

Internist. Tertarik dng bidang Healthy Aging, Healthy Live, Diabetes Mellitus Twitter; @irsyal_dokter

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Melawan Kanker dengan Gaya HIdup

24 Januari 2023   07:36 Diperbarui: 24 Januari 2023   07:45 88
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Menurut WHO, pada  tahun 2018, di seluruh  dunia diperkirakan ada 18.1 juta kasus baru penyakit kanker, dengan kematian mencapai 9,6 juta orang. Satu dari delapan laki-laki, dan satu dari sembilan perempuan meninggal karena kanker.

Angka kejadian penyakit kanker di Indonesia  sebesar 136,2/100000 penduduk, menempati urutan ke delapan di Asia tenggara dan ke 23 di Asia. Angka kejadian tertinggi di Indonesia untuk laki-laki adalah kanker paru, yakni sebesar 19.4 per 100.000 penduduk, dengan rerata kematian 10.9 per 100.000 penduduk. Untuk wanita, angka kejadian kanker tertinggi adalah kanker payudara, sebesar 42.1 per 100.000 dengan rata-rata kematian 17 per 100.000 penduduk.

Kemudian di Amerika, setengah   dari seluruh laki-laki  dan satu pertiga dari seluruh wanita suatu saat akan diagnosis dengan kanker. Bahkan,  walau secara formal  mereka tidak diketahui menderita kanker, kemungkinan mereka mempunyai sel kanker mikoskopis yang tidak terlihat pada pemeriksaan MRI atau CT-Scan bisa terjadi. Ketika peneliti melakukan otopsi pada orang-orang yang  meninggal akibat kecelakaan, peneliti sering mendapatkan kanker yang tidak terdiagnosis sewaktu mereka masih hidup.

Kebanyakan sel kanker mikroskopis ini, tidak pernah tumbuh jadi lebih besar. Mereka seperti tidur dalam organ tempat mereka hidup.  Di sinilah pentingnya peranan gaya hidup dan diet yang berperan dalam  perkembangan kanker ini ke arah yang baik atau buruk, atau dengan kata lain yang membangunkan mereka dari tidur itu adalah diet dan gaya hidup kita.

Menurut Mayo Clinic, sepertiga dari kasus kanker ini dapat dicegah hanya dengan diet dan makanan yang sehat, yang mengandung nutrisi yang baik. Kelihatan kecil, sepertiga, tapi kalau itu sepertiga dari 1000, lebih dari 300 orang penderita baru dapat dicegah.

Nah, kalau dengan diet dan nutrsi yang baik saja  dapat menurunkan kejadian kanker sebesar itu, angkanya tentu akan lebih besar jika diikuti dengan perubahan gaya hidup lain, dengan memodikasi faktor risiko lain yang dapat diubah, misalnya  berhenti merokok, alkohol, menurunkan berat badan, olahraga dan lain-lain.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone