Mohon tunggu...
Success Mind
Success Mind Mohon Tunggu... Ilmuwan - Sukarelawan

Homepimpa

Selanjutnya

Tutup

Metaverse

Geger! SMK Bagimu Negeriku menjadi SMK Pertama Pengembangan Metaverse

19 Oktober 2022   09:51 Diperbarui: 19 Oktober 2022   10:20 247
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : SMK Bagimu Negeriku || Rapat meningkatkan sistem pendidikan

Istilah metaverse mungkin terdengar tidak asing, dan mungkin bukan hal yang baru, lalu sebenarnya apa itu metaverse? metaverse adalah dunia virtual 3D yang dihuni dengan avatar orang yang sungguhan, namun istilah metaverse ini masih belum memiliki definisi yang dapat diterima secara universal.

Metaverse pertama kali diciptakan oleh Neal Stephenson, yang menyebutkan istilah ini di novelnya yang berjudul Snow Crash di tahun 1992. Dengan kata lain metaverse adalah dunia komunitas virtual tanpa akhir yang saling terhubung, dimana orang-orang dapat bekerja, bertemu, bermain dengan menggunakan headset realitas virtual, kacamata augmented reality, aplikasi smartphone dan atau perangkat lainnya.

Metaverse juga sudah diterapkan di facebook, dimana facebook sudah meluncurkan software meeting untuk perusahaannya yang disebut Horizon Workrooms dan digunakan dengan headset Oculus VR-nya. Juga, banyak orang yang menyebutkan bahwa metaverse adalah pengganti internet. 

Namun, dalam sebuah wawancara, Zuckerberg menyebut bahwa metaverse ini adalah “internet yang akan diwujudkan”, dimana hal itu berarti bahwa metaverse merupakan versi internet yang ditingkatkan.

Pengguna metaverse bisa memiliki pengalaman yang berbeda, dimana pengalaman tersebut tidak bisa didapatkan pada aplikasi atau halaman web 2D.

Melalui berita terkini tentang kemajuan teknologi, SMK Bagimu negeriku melihat bahwa teknologi baru yang sering kita dengar yaitu metaverse dapat menunjang sistem pembelajaran. SMK Bagimu negeriku akan menuju ke teknologi metaverse dengan projek NFT yang akan dibangun oleh siswa siswinya.

1. Tingkatkan sistem pembelajaran, SMK Bagimu Negeriku kembangkan NFT

Sumber : SMK Bagimu Negeriku || Rapat meningkatkan sistem pendidikan
Sumber : SMK Bagimu Negeriku || Rapat meningkatkan sistem pendidikan

SMK Bagimu Negeriku Semarang ikut berusaha meningkatkan system pembalajaran, salah satunya dengan mengembangkan metaverse. Metaverse diresponi dapat menjadi terobosan bagi siswa siswi SMK Bagimu Negeriku untuk menuju teknologi baru dan dunia industri.

Metaverse di yakini sangat mampu untuk membantu peningkatan anak dalam perkembangan dari segi informatifnya. Dengan demikian, siswa siswi dapat terlibat dalam projek NFT di dunia metaverse. Sekaligus sebagai sarana, mengimplementasikan ilmu yang mereka dapat selama belajar, baik itu tentang management waktu, marketing dan banyak hal lainnya. Dan juga melatih mental kerjanya sebelum terjun kedunia Industri yang sesungguhnya.

2.  The Great Archipelago menjadi projek NFT pertama mendukung Pendidikan

SMK Bagimu Negeriku melihat bahwa metaverse dapat menunjang anak untuk meresponi teknologi-teknologi baru. NFT termasuk salah satu aset yang ada di dalam metaverse. Maka dari itu saat ini, SMK Bagimu Negeriku membangun suatu projek NFT agar siswa siswi dapat memahami tentang metaverse dan bisa terjun ke dalam dunia industri metaverse.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Metaverse Selengkapnya
Lihat Metaverse Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone