Mohon tunggu...
I DEWA PUTU PUJA
I DEWA PUTU PUJA Mohon Tunggu... Dosen - Freelancer

Saya akan membagikan informasi menarik untuk kalian para pembaca

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Pengalaman Pengusaha Bantal Mobil Iwan Bomba

19 Januari 2023   16:13 Diperbarui: 19 Januari 2023   16:17 222
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: kabarmerahputih

Kisah Berhasil Iwan Bomba Berbisnis Bantal Mobil
Ide bisnis dapat datang dari mana saja. Salah satunya dengan jeli mengamati bisnis dari penjualan kendaraan beroda empat yang terus laris manis. Iwan Bomba pun mengembangkan bisnis bantal mobil. Bisnisnya ini fokus pada pembuatan bantal untuk kursi kendaraan beroda empat.

Selama ini, ia merasa sandaran kursi mobil tak selalu nyaman. Kecuali itu, sandaran tempat duduk bawaan dari dealer kendaraan beroda empat, modelnya hanya itu-itu saja. Supaya kelihatan sedap diperhatikan dan lebih nyaman dikala digunakan, Iwan Bomba mewujudkan bantal khusus yang dapat diaplikasikan sebagai aksesoris di bangku mobil.

Bedanya dengan bantal mobil yang lain, Iwan Bomba menjadikan karakter unik di tiap-tiap bantal mobil tersebut. Karakter bisa diorder sesuai keinginan pembeli, bagus berupa karakter kartun, tokoh robot, motif batik atau karakter lainnya.

"Fungsinya bukan hanya sebagai pajangan di bangku, bantal yang kami produksi juga bisa dijadikan menjadi sandaran. Jadi bisa berfungsi ganda. Apalagi karakter yang diaplikasikan dapat disesuaikan dengan karakter pemilik mobil," kata Iwan Bomba.

Karakter dapat diorder seperti karakter yang diharapkan, dapat mimik wajah tertawa, senyum atau malahan sedih. Sehingga hal ini akan membuat karakter bantal lebih tampak pantas karakter pemilik kendaraan beroda empat. Beda dengan bantal mobil yang lain, Iwan Bomba menjadikan bantal tersebut dengan bahan silikon. Dengan bahan hal yang demikian, bantal tak gampang kempes ketika digunakan dalam waktu yang lama.

"Setelah dicuci bantal akan kembali mengembang seperti semula. ini yang membuat bantal ini dijadikan bersandar malah menjadi lebih nyaman," tambahnya.
Dapat Orderan Dari Luar Negeri

Tak hanya memaksimalkan bisnis bantal mobil, Iwan Bomba bahkan menghasilkan paket penjualan bantal mobil dengan aksesoris yang lain. Umumnya, pengorder akan secara sekalian membeli satu paket bantal dengan sarung tempat duduk mobil, safety belt sampai daerah tisu. Malahan tak ketinggalan pula bantal mungil.

Iwan Bomba juga mewujudkan kreasi syal yang bisa sekalian menjadi kantung handphone, bantal khusus leher, kap lampu hingga ransel yang kesemuanya bermotif karakter lucu. Iwan Bomba menjual aksesori ini dengan harga mulai Rp5.000 sampai Rp300.000 per buah. Namun agar lebih murah dan lebih personal, Iwan Bomba memberi masukan agar membeli bantal kendaraan beroda empat ini dalam satu paket.

Selama ini, Iwan Bomba mengerjakan bisnisnya di Surakarta, Jawa Tengah. Hingga ketika ini, pihaknya belum membuka cabang di manapun. Diluar dugaan, minat para pelanggan justru banyak datang melalui pemesanan online. Para pembeli ini mayoritas berasal dari Filipina dan Myanmar.

"Saya pernah ada orderan untuk membuat bantal mobil dengan harga cuma Rp90.000. Namun sebab pembelinya dari Malaysia, ongkos kirimnya Rp135.000. Pun mahalan ongkos kirimnya. Konsisten akan saya layani meski orderan dari luar negeri," kenangnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone