Mohon tunggu...
adi susilo
adi susilo Mohon Tunggu... Wiraswasta - pemerhati sosbud

Mendengar dan Berbagi Kabar

Selanjutnya

Tutup

Sosok

Mendorong Elektabilitas Para Bakal Capres

5 Maret 2022   13:48 Diperbarui: 5 Maret 2022   13:50 173
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosok Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Litbang Kompas merupakan salah satu dari sekian banyak lembaga survey yang telah hadir, rupanya hampir sama dan mirip hasilnya dengan memunculkan nama nama bakal calon presiden yang mempunyai elektabilitas cukup untuk mendapatkan simpati masyarakat. Selanjutnya para tokoh tersebut perlu didorong untuk mendapatkan tiket dari partai politik agar bisa maju bersaing melalui pemilihan presiden mendatang. 

Sejak tahun 2021 lalu sudah beberapa tokoh yang memulai membranding dirinya baik melalui media promosi luar ruang maupun melalui kanal media sosial. Harapan munculnya generasi muda yang telah tampil di panggung politik perlu didorong juga untuk tampil berkompetisi.

Tema tema yang menarik sudah ditampilkan oleh para calon kandidat seperti kepak sayap kebhinekaan, panglima santri, kerja untuk Indonesia, ada lagi kandidat yang masif melalui mendia sosial nya dan pembentukan tim kerjanya dan yang masih menjadi bagian pemerintahan ngeles fokus bekerja sesuai jabatannya lebih dulu. Tampilnya para kandidat calon ini merupakan salah satu indikator stabilitasnya demokrasi yang dijalankan.

Sebagai warga biasa hanya bisa melihat dan tentu akan memilih dari sekian aset SDM yang akan memimpin bangsa terutama untuk kesejahteraan rakyatnya. Dominasi elite partai politik masih kuat dalam menentukan calon yang bakal diusungnya, walaupun kemungkinan munculnya calon dari jalur independen akan ada tetapi sepertinya mustahil untuk memenuhi persyaratannya. 

Dengan munculnya hasil survey atas nama nama nya mempunyai elektabiltas cukup baik, sebagai masyarakat tentu berharap calon yang diajukan oleh Parpol nantinya memiliki integritas moral, memiliki akseptabilitas di semua satuan sosial dan memiliki kemampuan manajerial. Tetapi itu semua tergantung pada Parpol karena yang memiliki lisensi untuk menetapkan bakal calon presiden yang pantas dan tidaknya menurut perspektifnya. Kita semua berharap dan mendorong adanya keselarasan antara apa yang di inginkan parpol dalam menetapkan pasangan calon dengan apa yang diharapkan oleh publik.

Dan yang terakhir seperti pertanyaan saat tim survey melakukan wawancara melalui saluran telpon yang menanyakan terkait kesiapan KPU selaku penyelenggara pemilu seberapa yakin dan tidak yakin dalam penyelenggaraan pemilu mendatang. Kita jawab yakin lembaga KPU dengan komisioner yang baru dapat melaksanakannya dengan waktu yang telah direncanakannya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosok Selengkapnya
Lihat Sosok Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone