Mohon tunggu...
kharisma dika aqida putri
kharisma dika aqida putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

kkn-p umsida kelompok 3 sebani

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN-P Umsida, Bangun Apotik Hidup di Sekitar Balai Desa Sebani dengan Tanaman TOGA

26 Januari 2023   08:55 Diperbarui: 26 Januari 2023   09:16 31
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
foto dokumentasi pribadi/ menanam bersama dengan ibu PKK

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) terus berkiprah nyata dalam menjalankan pengabdian masyarakat. Tidak hanya menerjunkan para dosennya,Umsida juga menerjunkan para mahasiswanya melalui program Kuliah Kerja Nyata Pencerahan (KKN-P) di berbagai daerah. Kiprah nyata kelompok 3 di desa Sebani ini dibuktikan dengan sosialisasi dan penanaman tanaman obat bersama-sama dengan ibu PKK.

Kegiatan KKN-P yang diketuai oleh M Fikri Agung Mahendra, mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan. Adapun anggotanya adalah 23 anggota dari berbagai macam Prodi di Umsida.

“Obat-obatan tidak harus dibeli di apotik toko, rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya. Cukup dengan memanfaatkan bahan alam yang ada di sekitar kita. Dan dapat juga menjaga tubuh kita dari berbagai penyakit dengan cara menanamnya di lingkungan sekitar tempat tinggal, atau di kebun khusus yang dikelola oleh keluarga salah satunya di sekitar balai desa,” ujar Bu Windi Bidan setempat, Sabtu (21/01/2023).

TOGA(Tanaman Obat Keluarga) yaitu apotik hidup yang berisi tanaman berkhasiat yang dapat tumbuh dipekarangan rumah yang dalam proses penanaman dan pemeliharan tidak memerlukan teknik yang khusus tanaman ini digunakan sebagai obat tradisional dari alam sekitar lingkungan hidup  yang dikelola oleh keluarga, ujar anggota tim kami.

"kegiatan yang dilakukan terlebih dahulu pembersihan lahan yang hendak ditanam bibit TOGA, lalu bibit tersebut ditanam pada lahan yang sudah dibersihkan, setelah itu di siram beberapa saat lalu di cek perkembangan nya hingga tanaman tersebut tumbuh", jelas fikri.

Adapun beberapa jenis tanaman yang di tanaman adalah :

1. Serai 

2. Lidah buaya 

3. Jahe merah 

4. Daun sirih 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone