Mohon tunggu...
Khayati Rahayu
Khayati Rahayu Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

Mahasiswa biasa

Selanjutnya

Tutup

Joglosemar

KEGIATAN PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT TERPADU (PPMT) DENGAN MEMANFAATKAN LIMBAH BOTOL PLASTIK UNTUK MENGURANGI PENCEMARAN LIMBAH PLASTIK YANG SUSAH TERUAI

18 Januari 2023   09:54 Diperbarui: 18 Januari 2023   10:26 107
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
proses kegiatan berkreasi dalam pemanfaatan limbah sampah plastik. Dokpri

Magelang, 14 januari 2023 bertempatan di Dusun Ngrajek 3, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Kelompok Prpgram Pengabdian Masyarakat Terpadu (PPMT) Periode VI Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) yang berjudul "Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Kesadaran Kebersihan Lingkungan, Serta Meningkatkan Pendidikan Terhadap Masyarakat Yang Minim Pengetahuan Diera Society 4.0, Di Dusun Ngrajek 3" guna membangkitkan semangat anak -- anak milenial Dusun Ngrajek 3 terkait kesadaran kebersihan lingkungan, dan betapa susahnya limbah plastik terurai. 

Kegiatan ini di bimbing oleh Prof. Dr. Purwati, MS., Kons. yang membangun dna mengarahkan pemberdayaan masyarakat pada pelestarian lingkungan untuk menumbuhkan kesadaran diri pada masyakat tentang pentingnya kebersihan lingkungan dan betapa bahaya limbah plastik jika kita tidak dimanfaatnya dengan benar, maka kami menjadikan kegiatan PPMT ini sebagai wahana untuk membangun kreatifitas anak-anak milenial.

Dalam rancangan merealisasikan kegiatan program kerja kelompok PPMT Periode VI di Dusun Ngrajek 3, mengadakan kegiatan tentang "Pemanfaatan Limbah Botol Plastik Terhadap Anak -- Anak Milenial" di Dusun Ngrajek 3, Ngrajek, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah, pada Sabtu (01/23). Dalam kegiatan ini, mahasiswa mengumpulkan beberapa anak -- anak dari kalangan anak TK hingga SD, dengan total anak Dusun Ngrajek 3 yang mengikuti kegiatan tersebut berjumlah sekitar 10 -- 15 anak dan ada juga beberapa orang tua yang ikut mendampingi anak dan ikut serta ikut serta dalam kegiatan.

 Tujuan diadakan kegiatan ini agar anak -- anak milenial saat ini mengetahui betapa pentingnya melestarikan kebersihan lingkungan dan bahayanya limbah plastik jika di buang di sembarangan tempat seperti sungai, dibakar, yang mengakibatkan pencemaran lingkungan seperti asap yang menyebabkan polusi dan kawasan sungai yang mengakibatkan banjir. Maka untuk mengurangi limbah sampah yang ada di sekitar lingkungan Dusun Ngrajek 3 diadakan kegiatan  pemanfaatkan barang bekas untuk menjadi suatu kerajinan/ keterampilan yang dapat menumbuhkan kreatifitas anak. 

Dalam kegiatan pemanfaatan limbah sampah dengan kekreatifan anak, tentunya mendapatkan pujian dari kepala dusun dan para orang tua anak -- anak yang mendampingi kegiatan tersebut. Secara umum kegiatan berjalan dengan lancar, tanpa kendala yang berarti. Kepala dusun dengan beberapa orang tua dan warga, merasa senang dan berharap akan ada kegiatan yang melibatkan anak -- anak Dusun Ngrajek 3 ini agar mereka juga mendapat ilmu dan pengalaman baru.

Respon dari salah satu orang tua anak yang mengikuti kegiatan tersebut, menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini sangat bermanfaat, dan memberikan pengalaman baru bagi anak -- anak untuk selalu berkreasi, yang kiranya manfaat tersebut akan kembali ke diri kita masing -- masing. Tentunya kegiatan ini akan berlanjut, setelah pemanfaatan limbah sampah plastik yang ada di sekitar, program selanjutnya menggerakan hidup sehat bagi warga Dusun Ngrajek 3. Dengan adanya pelestarian lingkungan tentunya juga harus di seimbangi dengan menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga dan makan -- makanan yang sehat.

foto hasil kreasi anak ngrajek 3. Dokpri
foto hasil kreasi anak ngrajek 3. Dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Joglosemar Selengkapnya
Lihat Joglosemar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone