Mohon tunggu...
Ang Tek Khun
Ang Tek Khun Mohon Tunggu... Freelancer - Content Strategist

Sedang belajar menulis untuk menikmati bahagia di sini dan di IG @angtekkhun1

Selanjutnya

Tutup

Joglosemar Pilihan

Yogya Young Artist Hadirkan Pameran "Painting" Karya 19 Seniman Muda

3 Januari 2023   23:48 Diperbarui: 4 Januari 2023   00:30 557
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Seniman Mulyana menghadirkan instalasi bertajuk "Diver(sea)ty" dan menghadirkan sosok ikon khasnya, The Mogus, Monster Gurita. (Foto: Ang Tek Khun)

Sebanyak 19 seniman seni rupa berhasil terkurasi untuk menghadirkan karya dalam pameran yang digagas oleh Yogya Young Artist (YYA). Mengusung tajuk PANTING, kita bisa menikmati beragam rupa unjuk estetik dan medium di Jogja Gallery, Jalan Pekapalan No. 7, Prawirodirjan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta.

Sebagai informasi, kiprah Yogya Young Artist (YYA) selaku penyelenggara, mengambil posisi mengakomodasi unjuk karya seniman berdasarkan kriteria tertentu. Dalam hal ini, ditetapkan bahwa sang seniman tak boleh lewat dari usia 40 tahun, serta yang bersangkutan berproses dan berkarya di Yogyakarta.

Seniman-seniman tersebut adalah Anagard, Dedy Shofianto, Enka Komariah, Fadhlil Abdi, F J Kunting, Gatot Indrajati, Gilang Fradika, Hendra Priyadhani,  I Wayan Piki Suyersa, Laksamana Ryo, Lugas Syllabus, M. Yakin, Mulyana, Oky Rey Montha, Ridho Rizki, Ronald Efendi, Suanjaya Kencut, Suvi Wahyudianto, dan Tempa.

Keseluruhan seniman yang lolos dalam proses kurasi ini, menampilkan beragam karya. Kita akan menjumpai karya-karya mereka bukan hanya melalui gaya khas masing-masing, tetapi juga medium yang digunakan. Kita akan menemui ciri khas mereka masing-masing melalui lukisan, patung, instalasi, dan art performance.

Karya-karya Gatot Indrajati yang mengeksplorasi medium kayu dengan menggemaskan (Foto: Ang Tek Khun)
Karya-karya Gatot Indrajati yang mengeksplorasi medium kayu dengan menggemaskan (Foto: Ang Tek Khun)

Painting

"Painting" adalah pilihan tajuk yang sengaja digunakan untuk pameran berdasarkan pemahaman makna katanya. Jika disarikan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), YYA mengartikan "lukisan adalah sebuah upaya untuk menggambarkan sesuatu secara indah."

Mengenai keindahan, dia dipandang sebagai hal yang bersifat subjektif berbasiskan sisi pandang banyak pihak. Orang per orang, masyarakat, demikian pula setiap era, punya pemaknaan tertentu akan keindahahan itu.

Dalam seni rupa kontemporer, hadir bentuk-bentuk seni rupa yang mengusung beragam konsep dan format visual untuk dihidangkan kepada audiens. Itu sebabnya seni rupa kontemporer menurut Yogya Young Artis bisa dianggap sebagai "seni dengan paradigma estetik baru".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Joglosemar Selengkapnya
Lihat Joglosemar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone