Mohon tunggu...
Kiki Kiki
Kiki Kiki Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

Saya masih pelajar dan saya hobi bermain basket dan menulis artikel

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Cara Menurunkan Kolesterol

24 Januari 2023   21:34 Diperbarui: 24 Januari 2023   21:44 43
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Anda menemukan hasil pemeriksaan kolesterol anda tinggi. Tenang berikut, beberapa cara untuk menurunkannya.

1. Turunkan berat badan dulu. Kadar kolesterol akan turun paling banyak dengan mengurangi berat badan. Kelebihan berat badan tampaknya mengganggu metabolisme lemak normal. Jadi, kendati Anda hanya makan sedikit lemak, Anda tak bisa menurunkan kadar kolesterol secara penuh jika berat badan tidak turun, kata Jose Ordovas, PhD., dari Jean Mayer USDA Human Nutrition Research Center on Aging di Boston.

2. Lebih cerdik dengan lemak. Makan lebih banyak lemak tertentu sebenarnya lebih baik untuk kolesterol Anda ketimbang hanya secara sepihak mengurangi semua lemak. Ganti makanan yang lemak jenuhnya tinggi: daging berlemak, mentega, susu dan keju lemak penuh - dengan makanan yang mengandung tinggi lemak tak jenuh tunggal. Minyak zaitun, minyak canola, kebanyakan kacang (almond, walnut, pecan), avokad, kacang tanah, dan selai kacang adalah sumber lemak tak jenuh tunggal. Kendati tidak langsung berpengaruh terhadap kolesterol Anda, makanan ini menurunkan kadar trigliserida, suatu faktor risiko mandiri penyakit jantung. Begitu menurut hasil penelitian Dr Ordovas terhadap pria yang kelebihan berat badan.

3. Olahraga. Olahraga bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol baik HDL dan menurunkan kadar kolesterol total. Olahraga selama 45 sampai 60 menit dengan intensitas sedang paling sedikit 5 kali seminggu juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone