Mohon tunggu...
kiki purwandari
kiki purwandari Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

mahasiswa semester 5 yang lagi bludrek

Selanjutnya

Tutup

Surabaya

Penerapan Evaluasi Pembelajaran di PAUD Setia Budi Jugo DSN Sanas DS Jugo Kecamatan Kesamben

27 Desember 2022   21:39 Diperbarui: 27 Desember 2022   21:50 63
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hallo ini adalah artikel kedua saya. Pada tugas matakuliah evaluasi saya mewawancarai guru pada salah satu sekolah paud di kota Blitar.

Evaluasi pembelajaran adalah proses melalui kegiatan dan penilaian untuk menentukan nilai belajar dan pembelajaran yang dilaksanakan. Dengan adanya Evaluasi peserta didik dapat giat belajar dan mengetahui sejauh mana potensi yang ia capai selama mengikuti Pendidikan

Setiap TK/PAUD harus memiliki evaluasi pembelajaran karena dapat mengetahui keefektifan pelaksanaan layanan program stimulasi dan pencapaian hasil-hasilnya oleh setiap peserta didik. Salah satunya di PAUD Setia Budi Jugo DSN. SANAN RT 02 RW 01 DS. JUGO KEC. KESAMBEN KAB. BLITAR. Sebelumnya saya telah mewawancarai kepala sekolah tersebut.

Saya mengajukan beberapa pertanyaan kepada salah satu tenaga pendidik di PAUD tersebut yaitu Ibu Budi Yunani selaku Pengelola. Beliau memaparkan Evaluasi pada Paud Setia Budi Jugo, yang mana kegiatan evaluasi yang telah dicapai untuk paud setia budi jugo meliputi sarpras tercapai 70 % untuk ptk 80 % karena standart pendidikan masih ada yg sama, untuk kurikulum tercapai 60 % karena masih banyak kekurangan untuk perencanaan pembelajaran, sendangkan untuk pengelolaan juga tercapai 70 % karena masih banyak program yg belum tercapai, untuk pembiayaan juga tercapai 50 % karena masih kesulitan untuk penggalian dana karena kebanyakan wali murid mata pencahariannya petani jadi untuk diajak meningkatkan swadaya masih sulit.

Dalam kegiatan Paud Setia Budi Jugo juga menerapkan kegiatan pengukuran dan penilaian. Pengukuran menurut Permendikbud 2014 merupakan kegiatan perbandingan hasil pengamatan dengan kriteria atau ukuran. Contoh pengukuran pada Paud setia Budi Jugo Ibu Budi Yunani menuturkan salah satu contoh kegiatannya yaitu ; Kegiatan tema kebun sekolahku dimana anak-anak mengamati  pohon jambu, kegiatan diawali dengan Peserta didik dibariskan dilapangan utama dengan beberapa daun jambu, buah jambu dan beberapa batang pohon jambu. Disitu peserta didik diarahkan untk menghitung berapa masing masing jenis yang ada, dari kegiatan tersebut pendidik dapat menukur perkembangan kognitif anak. Sedangkan penilain adalah proses pengambilan keputusan dengan menggunakan informasi yang diperoleh dari pengukuran sebelumnya (Siregar dan Nara, 2010).

Lalu apakah Evaluasi ini mempengaruhi mutu sekolah? Iya kalau tanpa evaluasi tidak akan ada perubahan jadi pentingnya evaluasi agar sekolah ada perubahan yg lebih baik. Tutur Ibu Budi Yunani.

Kualitas hasil beelajar sangat mempengaruhi perkembangan pembelajaran berikutnya. Maka dari itu pendidik mengutamakan hasil belajar dari pada proses pembelajaran sebagai tolak ukur berhasil atau tidaknya kegiatan pembelajaran. Dengan adanya evaluasi ini peserta didik dapat menempatkan kemampuan dan keahliannya, serta menjadi tolak ukur orangtua untuk perkembangan buah hatinya dimasa mendatang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Surabaya Selengkapnya
Lihat Surabaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone