Mohon tunggu...
Reval ChristianSitorus
Reval ChristianSitorus Mohon Tunggu... Lainnya - Menulis

Menulislah selagi engkau Muda

Selanjutnya

Tutup

Medan

Potensi Pengembangan Agrowisata di Kabupaten Samosir

24 Oktober 2022   20:08 Diperbarui: 24 Oktober 2022   20:17 163
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Medan. Sumber ilustrasi: TRIBUNNEWS/Aqmarul Akhyar

Profil Kabupaten Samosir

Keadaan Geografis

Kabupaten Samosir terletak pada 224'-225' LU dan 9821' - 9955' BT. Secara Administratif Wilayah Kabupaten Samosir diapit oleh tujuh Kabupaten, yaitu di sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Karo dan Kabupaten Simalungun; di sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Toba Samosir; di sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Tapanuli Utara dan Kabupaten Humbang Hasundutan; dan di sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Dairi dan Kabupaten Pakpak Barat.

Potensi Agrowisata Di Kabupaten Samosir

1. Desa Huta Tinggi

Desa Wisata Huta Tinggi merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir dan ditetapkan menjadi salah satu Desa Wisata melalui Keputusan Bupati Samosir Nomor 372 Tahun 2019 Tentang Penetapan Desa Wisata di Kabupaten Samosir. Produk unggulan desa ini adalah Paket Wisata berbasis kearifan lokal yang telah dijual dan dipasarkan kepada wisatawan domestik dan mancanegara. Adapun Program yang diharapkan adalah Program Peningkatan Kapasitas SDM yaitu berupa kegiatan Pelatihan Bahasa Asing yang dilengkapi dengan sarana TV, Infokus, sound system dan lemari buku. Sementara Program Penyediaan Sarana dan Prasarana yang diharapkan adalah Program Peremajaan Lapo Tuak (Kedai Tuak) sebagai Lapo Wisata (Batak Wine), Pembangunan Area Photo Spot, Pengadaan Alat Musik tradisional dan keyboard, Seragam dan asessoris untuk Pertunjukan Sanggar Seni, pembangunan panel-panel informasi serta Pembangunan Gapura Desa Wisata di pintu masuk Desa Huta Tinggi .

 Program Peningkatan Kapasitas SDM dan Penyediaan Sarana dan Prasarana ini diharapkan dapat memberi manfaat luar biasa dan dapat menjangkau seluruh masyarakat desa Huta Tinggi. Semua masyarakat desa terlibat dalam paket wisata ini, mulai dari anak-anak sebagai pelaku seni budaya, sebagian orang dewasa sebagai pelaku kuliner dan proyek pengolahan makanan, pemandu wisata desa sebagai pendamping aktifitas wisatawan sekaligus narasumber edukasi dan story telling, pemilik lahan pertanian sekaligus petani dan peternak sebagai penyedia dan pendamping aktifitas/atraksi wisatawan dan pemilik lapo (kedai tuak/Batak Wine) sebagai penyedia hiburan dan tempat

Desa Huta Tinggi Samosir menjadi daya tarik dengan dijakdikannya kerbau sebagai Potensi Wisata, dari perah susu hingga olahan keju khas suku batak. Desa Huta Tinggi yang juga masuk dalam Geosite UNESCO Global Geopark dan menyimpan beragam potensi wisata dan ekonomi kreatif. Salah satu ciri khas desa huta tinggi ini yaitu Kerbau nya. Di seluruh penjuru desa dengan mudah terlihat hewan ternak yang satu ini.

Untuk menuju desa wisata Huta Tinggi, Kita dapat naik kapal feri dari Pelabuhan Ajibata menuju Ambarita dalam waktu sekitar 40 menit kemudian dilanjutkan dengan perjalanan darat sekitar satu jam.

Jika Kita mengunjungi desa dengan luas 1.200 ha ini, Kita akan mengagumi perbukitan hijau yang sangat luas dan panorama Danau Toba yang indah dengan kerbau yang melewati area desa berlalu lalang, begitu indah dan Suasana pedesaan bisa dirasakan di dalamnya. Desa ini juga berhadapan langsung dengan Gunung Pusuk Buhit yang masih dianggap Sakral oleh suku Batak hingga saat ini.

Biasanya kerbau betina dimanfaatkan untuk paket wisata edukasi yaitu memerah susu kerbau. Susu tersebut lalu diolah menjadi Dali ni Horbo atau Keju Batak. Sementara, kerbau jantan difungsikan sebagai alat transportasi tradisional yang bisa digunakan oleh wisatawan dengan menungganginya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Medan Selengkapnya
Lihat Medan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone