Mohon tunggu...
Kkm Alemana
Kkm Alemana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa yang sedang KKN di Desa Bendosari, Pujon, Kabupaten Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kelompok KKM-230 UIN Maliki Malang Tanam Bunga Andong dan Bulu Ayam

26 Januari 2023   08:08 Diperbarui: 26 Januari 2023   08:29 32
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dusun Dadapan Wetan, Desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Sebuah Dusun mungil nan indah yang berbalut kabut setiap pagi dan sore. Hawa sejuk yang membelai setiap pengunjungnya menjadi daya tarik dusun tersebut. Kita akan dimanjakan dengan perbukitan yang indah dan udara segar pegunungan ketika berkunjung ke Dusun Dadapan Wetan.

Selama kurang lebih satu bulan lamanya, kelompok KKM 230 UIN Malang mengabdikan diri kepada masyarakat dusun yang mayoritas masyarakatnya berprofesi sebagai petani dan peternak tersebut. Sebagai bentuk kepedulian terhadap keindahan lingkungan, kelompok KKM dengan sebutan kelompok Alemana tersebut mengadakan program peremajaan taman dengan menanam bunga andong dan bunga bulu ayam.

Dokpri
Dokpri

Dengan bimbingan Kepala Dusun, mereka melakukan peremajaan taman secara berkala. Pada tahap awal, mereka melakukan kerja bakti bersama warga terlebih dahulu. Barulah kemudian setelah kerja bakti usai. Para mahasiswa yang tergabung dalam kelompok KKM itu melakukan penanaman bunga andong terlebih dahulu. Bunga Andong ditanam dengan media berupa polybag, tanah, dan sekam. Selang beberapa hari, kurang lebih dalam jangka waktu sepekan kelompok Alemana itu Kembali menanam bunga di sekitar taman yang berada di ujung timur dusun Dadapan Wetan tersebut.

Bunga yang ditanam pada tahap berikutnya setelah bunga andong adalah bunga bulu ayam. Para mahasiswa KKM tersebut menanam dengan menggunakan media yang sama. Mereka tampak bersemangat dalam melaksanakan kegiatan itu.

Program tersebut mendapat sambutan positif dari Kepala Dusun Dadapan Wetan. Bapak Zaenul Arifin, Kepala Dusun Dadapan Wetan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh para mahasiswa KKM itu. Pasalnya, program tersebut selaras dengan Desa Bendosari yang merupakan desa ekowisata. Bunga-bunga tersebut dapat menjadi nilai tambah bagi perekonomian Dusun Dadapan Wetan.  

Bunga-bunga tersebut dapat menjadi oleh-oleh bagi setiap pengunjung datang ke dusun mungil tersebut. Dengan demikian disamping memperindah dusun tersebut, kedua bunga tersebut dapat menjadi oleh-oleh khas Dusun Dadapan Wetan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone