Mohon tunggu...
humanponcokusumo
humanponcokusumo Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa UIN MALIKI Malang

KKM 143 UIN MALIKI Malang yang mengabdi di Desa Poncokusumo Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peningkatan Sumber Daya Pengelolaan Aset Pariwisata Warga Desa Poncokusumo oleh Kelompok KKM 143 UIN Malang

26 Januari 2023   06:55 Diperbarui: 26 Januari 2023   06:59 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Desa poncokusumo yang  terletak di Kecamatan Poncokusumo yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Tengger Bromo menjadikan desa ini sebagai salah satu desa wisata yang ada di Kecamatan Poncokusumo. Desa poncokusumo sendiri memiliki kelompok sadar wisata yang disebut Pokdarwis yang bertugas untuk mengurus pariwisata yang ada di Desa Poncokusumo.

Dalam upaya membantu meningkatkan aset pariwisatanya, kelompok KKM 143 UIN Malang mengadakan program English Courses For Tourist Guiding yaitu pelatihan bahasa inggris untuk meningkatkan SDM warga Desa Poncokusumo dalam menjadi tour guide untuk pariwisatanya. Program ini pun menjadi salah satu permintaan warga setempat karena kurangnya kemampuan 'tour guiding' yang mereka miliki. 

Program English Courses For Tourist Guiding berjalan selama 9 pertemuan selama masa KKM di Desa Poncokusumo sekitar 5 minggu, yaitu pada tanggal 3, 4, 5, 7,  9, 10, 11, 13 , dan 17 Januari 2023. Adapun rincian materinya adalah introduction to tour guide; greeting and introduction; days, months, and times; numbers; practice all material; preparing tour interneries, dan practice to prepare tour interneries; yang disebar pada sembilan pertemuan tersebut.

Bapak Irwan selaku Kepala Desa Poncokusumo mengucapkan terimakasih kepada KKM UIN Malang yang telah mengadakan Program English Courses For Tourist Guiding untuk anak-anak Desa Poncokusumo yang tergabung dalam Pokdarwis Poncokusumo, dan beliau juga berharap, dengan adanya program ini semoga dapat meningkatkan SDM anak muda Desa Poncokusumo dalam rangka memajukan kepariwisataan di Desa Poncokusumo.

Selama pengadaannya, Program English Courses For Tourist Guiding berjalan dengan lancar dan para peserta dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan baik. Dan pada saat acara penutupan kegiatan, KKM UIN Malang memberikan sebuah modul pembelajaran tour guide bahasa inggris yang nantinya dapat digunakan kembali untuk belajar setelah KKM UIN Malang selesai melaksanakan pengabdiannya di Desa Poncokusumo.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone